RKA Yayasan Thawalib 2022, Tingkatan Layanan Pendidikan

- Senin, 10 Januari 2022 | 08:50 WIB
RKA Yayasan Thawalib 2022, Tingkatan Layanan Pendidikan
RKA Yayasan Thawalib 2022, Tingkatan Layanan Pendidikan

 

HARIANHALUAN.COM - Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Yayasan Thawalib tahun 2022 menitikberatkan kepada peningkatan layanan pendidikan. Baik dalam bentuk layanan sarana prasarana pendidikan maupun layanan dalam proses belajar mengajar. Pembiayaan berbagai kegiatan yang dilaksanakan unit sekolah serta asrama merupakan upaya dalam mewujdkan target pendidikan yang telah ditetapkan dalam Peraturan Khittah Pendidikan Perguruan Thawalib.

Peningkatan layanan pendidikan tersebut menjadi perhatian dalam pembahasan dalam RKA Yayasan Thawalib tahun 2022 oleh Dewan Pembina, Dewan Pengawas dan Dewan Pengurus Yayasan Thawalib pada 30 Desember 2021 lalu.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Thawalib Drs. H. Guspardi Gaus, M.Si mengatakan, RKA Yayasan Thawalib tahun 2022 adalah pelaksanaan dari amanat Peraturan Yayasan Tawalib Nomor 14 tahun 2020 tentang pengelolaan anggaran dan keuangan. “Dalam operasional Yayasan Thawalib berbasiskan perencanaan anggaran dan kinerja dengan disusunnya RKA yang menjadi acuan dalam pengelolaan yayasan dalam satu tahun anggaran,” ujarnya.

Baca Juga: Video Thawalib Padang Panjang Juara 2 Video Kreatif Hari Santri Tingkat Sumbar

Dijelaskan Guspardi Gaus, dengan adanya RKA Yayasan Thawalib tahun 2022, maka berbagai hal yang menyangkut pelaksanaan operasional yayasan mengacu kepada apa yang sudah tercantum dan disetujui dalam RKA tersebut, baik dari sisi kegiatan maupun anggarannya. “RKA berisikan rencana biaya program dan kegiatan yang dirancang oleh pengurus serta dibahas bersama pengawas dan disahkan oleh dewan pembina,” katanya.

Ketua Umum Yayasan Thawalib Dr. Abrar, M.Ag menjelaskan, penyusunan RKA Yayasan Thawalib tahun 2022 telah melalui berbagai tahapan dan proses mulai dari usulan yang disampaikan kepala sekolah, pengelola asrama dan stakeholder lainnya dalam lingkungan yayasan, kemudian dibahas bersama pengurus dan pengawas dan terakhir diajukan kepada dewan pembina untuk ditetapkan. “Mekanisme penyusunan RKA melalui berbagai tahapan sesuai aturan yang telah ditetapkan pembina yayasan,” ucapnya.

Baca Juga: Perguruan Thawalib Padang Panjang Bangun Gedung Asrama untuk Santri Baru

Sementara itu, Ketua Pengawas Yayasan Thawalib Prof.Dr. Zainul Daulay, SH, MH mengatakan, karena telah ditetapkan menjadi suatu ketentuan melalui peraturan yayasan, maka RKA Yayasan Thawalib adalah suatu bentuk membangun sistim dalam pengelolaan yayasan yakni berbasiskan perencanaan dan ditetapkan kegiatan dan anggarannya. “RKA adalah suatu bentuk dari sistim akuntabel dalam pengelolaan yayasan, karena pengelolaan yayasan telah ditetapkan acuannya baik dari segi kegiatan maupun biayanya, sehingga dengan adanya RKA mudah untuk dilakukan pengawasan serta evaluasi kinerja,”jelasnya.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: rilis

Tags

Terkini

Kumpulan Rumus Fisika yang Sering Digunakan

Kamis, 12 Mei 2022 | 21:09 WIB

Senam Lantai: Gerakan Headstand dan Handstand

Kamis, 12 Mei 2022 | 09:00 WIB

Pengertian dan Jenis-Jenis Nada

Senin, 9 Mei 2022 | 17:29 WIB
X