Hukum Mendel I dan II

- Selasa, 11 Januari 2022 | 20:38 WIB
Kacang polong (ilustrasi dari Hukum Mendel)
Kacang polong (ilustrasi dari Hukum Mendel)

Seorang ahli Biologi dan Bapak Genetika Modern, Gregor Johann Mendel adalah seorang biarawan yang melakukan penelitian mengenai ilmu penurunan sifat. Nah, dari penelitian tersebut, dia berhasil mengemukakan tentang Hukum Mendel I dan Hukum Mendel II. Dia mengemukakan teori tersebut pertama kali pada tahun 1865. Penelitian yang dilakukan dilakukan pada persilangan berbagai varietas kacang kapri (Pisum sativum).

Baca Juga: Kromosom dan Penyimpangannya

Sebelum membahas tentang pernyataan kedua Hukum Mendel tersebut, kita akan membahas tentang apa itu pewarisan sifat. Jadi, pewarisan sifat disebut juga hereditas. Dilansir dari Gramedia Blog, definisi dari hereditas adalah pewarisan sifat, seperti sifat fisik, biokimia, dan perilaku dari suatu mahkluk hidup kepada keturunannya. Sifat-sifat menurun ini kemudian dikendalikan oleh substansi genetika yang disebut DNA yang terdapat dalam gen.

Hereditas akan menurunkan sifat-sifat tertentu dari induk kepada keturunannya. Keturunan-keturunan yang dihasilkan dari perkawinan antarindividu akan membentuk perbandingan fenotip maupun genotip yang disebut pola-pola hereditas.

Johann Mendel membuat makalah yang berjudul Experiments on Plant Hibridization. Dalam makalah tersebut, dia mengusulkan 3 hukum pewarisan Mendel, yaitu:

  1. Hukum Segregasi. Hukum ini menjelaskan tentang pembentukan gamet, dimana setiap gen induk (orang tua) akan berpisah agar gamet (anakan) mendapatkan gen dari kedua induk.
  2. Hukum Asortasi. Gamet akan bertemu secara acak dan bebas.
  3. Hukum Dominasi. Ada sifat (alel) yang mempunyai kemungkinan diturunkan lebih dari sifat yang satunya dan sifat yang resesif.

Nah, setelah penjelasan singkat tentang hereditas, mari kita simak tentang Hukum Mendel ini. Hukum Mendel sendiri merupakan hukum yang menerapkan bagaimana pola dan mekanisme pewarisan sifat. Dilansir dari Gramedia Blog, berikut penjelasan Hukum Mendel I dan Hukum Mendel II.

Hukum Mendel I

Hukum Mendel I disebut juga Hukum Segregasi. Hukum Mendel I berbunyi sebagai berikut.

Ketika berlangsung pembentukan gamet pada individu, akan terjadi pemisahan alel secara bebas.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Gramedia Blog

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengertian dan Tanda Tempo Lagu

Selasa, 17 Mei 2022 | 21:35 WIB

40 Contoh Parikan Berbahasa Jawa

Selasa, 17 Mei 2022 | 10:08 WIB
X