5 Jenis Model Atom Menurut Para Ahli

- Rabu, 12 Januari 2022 | 11:29 WIB
Ilustrasi model atom
Ilustrasi model atom

Apakah kamu tahu apa itu atom? Atom adalah partikel terkecil dari suatu materi hidup atau tidak hidup. Atom dicetuskan pertama kali oleh seorang filsuf Yunani bernama Democritus bersama gurunya Leucippus pada tahun 400-an SM.

  1. Model Atom Dalton

Ilustrasi model atom

Model atom yang pertama dikemukakan oleh seorang guru dan ahli kimia yang berasal dari Inggris bernama John Dalton (1776 - 1844). Model atom ini adalah model atom yang paling sederhana. Menurut model atom ini, atom merupakan bola pejal yang tidak bermuatan. Teori ini menganggap atom sebagai kesatuan terkecil yang tidak bisa dibagi-bagi lagi.

Nah, model atom yang dikemukakan oleh Dalton memiliki dua dasar hukum, yaitu hokum kekekalan massa dan hukum perbandingan tetap. Model atom Dalton didasarkan atas tiga asumsi pokok  yang dikembangkan selama pada tahun 1803 sampai 1808, yaitu:

  1. Setiap unsur kimia tersusun oleh partikel-partikel kecil yang tidak dapat dihancurkan dan dipisahkan yang disebut atom. Selama mengalami perubahan kimia, atom tidak bisa diciptakan dan dimusnahkan.
  2. Semua atom dari suatu unsur mempunyai massa dan sifat yang sama, tetapi atom-atom dari suatu unsur berbeda dengan atom-atom dari unsur yang lain, baik massa maupun sifat-sifatnya yang berlainan.
  3. Dalam senyawa kimiawi, atom-atom dari unsur yang berlainan melakukan ikatan dengan perbandingan angka sederhana.
  1. Model Atom Thompson

Model atom Thompson

Model atom Thompson dikemukakan oleh J. J. Thompson.

Awalnya, pada tahun 1897, dia berhasil menemukan elektron. Dia menemukan electron dengan penelitian yang menggunakan sinar tabung katoda.

Kemudian, dia mengajukan teori atom baru, yaitu model atom Thompson. Model atom Thompson dianalogikan, seperti sebuah roti kismis. Atom dianggap sebagai bola padat bermuatan positif dan di dalamnya tersebar elektron bagaikan kismis dalam roti kismis.

Nah, atom sendiri dinilai bersifat netral karena muatan positif dan negatif bercampur jadi satu dengan jumlah yang sama.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Ruangguru.com, Kimia untuk SMA/MA Kelas X oleh Budi Utami

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Cara Cek Hasil UTBK SMBPTN 2022

Sabtu, 21 Mei 2022 | 11:46 WIB
X