Notasi dan Partikel Atom (Proton, Elektron, dan Neutron)

- Rabu, 12 Januari 2022 | 12:04 WIB
Atom oksigen (ilustrasi notasi atom)
Atom oksigen (ilustrasi notasi atom)

Kali ini, kita akan membahas mengenai satuan terkecil yang ada di alam semesta ini, yaitu atom. Apakah kamu tahu apa itu atom? Jadi, atom dapat didefinisikan sebagai partikel terkecil dari suatu materi hidup atau tidak hidup. Pencetus pertama kali nama atom adalah seorang filsuf Yunani bernama Democritus bersama gurunya Leucippus. Mereka mencetuskan nama atom yang berasal dari dua kata “a” berarti tidak dan “tomos” artinya tidak dapat dibagi lagi pada tahun 400-an SM. Nah, berdasarkan perkembangan zaman, atom sendiri memiliki berbagai model atom yang dapat dilihat dalam artikel berikut ini.

Dari model atom modern, kita dapat mengibaratkan atom seperti sebuah bola dan terdiri dari 2 bagian, yaitu:

  1. Inti atom/nukleus terdiri atas partikel bermuatan positif (proton) dan partikel tidak bermuatan (neutron).
  2. Kulit atom diisi oleh partikel negatif (elektron).

Bentuk dari model atom ini seperti tata surya kita yang berpusat pada matahari. Kamu dapat mengibaratkan matahari sebagai inti atom yang terdiri dari proton dan neutron. Sedangkan, orbit di sekitar matahari merupakan kulit dan planet-planetnya yang merupakan elektron. Berbeda dengan tata surya kita, dimana setiap lintasan hanya terdiri dari satu planet. Pada atom, lintasan-lintasan elektron tersebut dapat memiliki lebih dari satu.

Baca Juga: 5 Jenis Model Atom Menurut Para Ahli

Notasi Atom

Jadi, setiap atom memiliki 3 muatan, yaitu proton atau muatan positif (+), elektron atau muatan negatif (-), dan neutron atau netral. Berikut bentuk notasi dari suatu unsur.

  

Notasi atom

Keterangan:

X: Simbol dari unsur

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Ruangguru.com, Kimia untuk SMA/MA Kelas X oleh Budi Utami

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Cara Cek Hasil UTBK SMBPTN 2022

Sabtu, 21 Mei 2022 | 11:46 WIB
X