Sifat Koloid dan Cara Pembuatannya

- Rabu, 12 Januari 2022 | 13:12 WIB
Sifat Koloid dan Cara Pembuatannya (Ruswanti)
Sifat Koloid dan Cara Pembuatannya (Ruswanti)

Apa itu koloid? Nah, koloid adalah jenis campuran heterogen yang terbentuk karena adanya dispersi suatu zat ke dalam zat lain yang dicampurkan. Pada umumnya, koloid berukuran 1 nm hingga 100 nm.

Namun, koloid ini berbeda dengan larutan dan suspensi walau termasuk jenis campuran. Karenanya, koloid mempunyai sifat khas yang berbeda dengan sifat sistem-sistem dispersi lainnya.

Selain itu, koloid dapat dibuat dengan beberapa cara. Apa saja koloid">sifat koloid dan koloid">cara pembuatan koloid? Yuk, simak ulasan berikut, yang telah dirangkum dari Ruangguru.com!

 

Sifat Koloid

 

Baca Juga: Notasi dan Partikel Atom (Proton, Elektron, dan Neutron)

Terdapat sejumlah koloid">sifat koloid, berikut di antaranya.

1. Efek Tyndall

Efek Tyndall (Ruswanti)

Efek Tyndall adalah efek penghamburan cahaya oleh partikel koloid. Saat berkas cahaya diarahkan ke larutan, cahaya akan diteruskan sehingga tidak terlihat. Hal itu karena larutan bersifat homogen.

Nah, saat diarahkan ke koloid dan suspensi, berkas cahaya akan dihamburkan sehingga jejaknya dapat terlihat. Contohnya, saat sinar matahari masuk ke ruangan, partikel debu yang beterbangan akan terlihat jelas. Hal itu karena ukuran partikel debu jauh lebih besar daripada panjang gelombang cahaya. 

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Ruangguru.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Cara Cek Hasil UTBK SMBPTN 2022

Sabtu, 21 Mei 2022 | 11:46 WIB
X