Definisi dan Jenis-Jenis pada Ikatan Kovalen

- Jumat, 14 Januari 2022 | 01:29 WIB
Ahli kimia, ilustrasi ikatan kovalen
Ahli kimia, ilustrasi ikatan kovalen

Dalam pelajaran kimia, kita akan membahas tentang berbagai jenis ikatan. Sebenarnya, apa sih yang dimaksud ikatan sendiri pada ilmu kimia ini? Apakah ikatan seperti simpul tali atau ikatan lain? Ilmu kimia sendiri adalah ilmu yang mempelajari berbagai unsur dan senyawa di alam semesta ini. Nah, jadi, ikatan yang dipelajari dalam ilmu ini adalah ikatan yang terjadi pada senyawa yang menggabungkan unsur sejenis maupun unsur yang berbeda jenisnya.

Kali ini, kita akan membahas salah satu ikatan yang ditemukan di berbagai senyawa, yaitu ikatan kovalen. Simak penjelasan tentang ikatan kovalen berikut dilansir dari Kumparan.com.

Baca Juga: Penjelasan Tentang Ikatan Logam

Definisi Ikatan Kovalen

Ikatan kovalen adalah ikatan yang terjadi akibat pemakaian pasangan electron secara bersama-sama oleh dua atom. Ikatan ini terbentuk di antara dua atom yang sama-sama ingin menangkap elektron (sesama atom bukan logam). Ikatan ini memiliki ikatan yang lebih kompleks jika dibandingkan ikatan kimia lainnya.

Konsep dari ikatan ini adalah ada atom yang sulit melepas atau menerima elektron karena memerlukan atau membebaskan energi yang besar selama proses berlangsung. Nah, karena kaidah oktet, setiap atom akan berusaha membentuk konfigurasi elektron gas mulia yang lebih stabil, atom-atom ini saling berikatan melalui pemakaian pasangan elektron bersama.

Pemakaian pasangan elektron pada ikatan kovalen terjadi pada atom-atom nonlogam. Nah, istilah yang digunakan untuk menyebutkan penggunaan elektron bersama oleh kedua unsur disebut Pasangan Elektron Ikatan (PEI).

Jenis Ikatan Kovalen

Jenis ikatan kovalen yang mengikat unsur nonlogam dapat dibagi menjadi dua, yaitu berdasarkan jumlah pasangan elektron dan polarisasinya. Berikut penjelasan masing-masing jenis.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Kumparan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Cerita Dongeng Anak yang Memuat Nilai Moral

Rabu, 17 Agustus 2022 | 13:56 WIB

3 Cerita Legenda Indonesia yang Populer

Rabu, 17 Agustus 2022 | 09:40 WIB

Cerita Dongeng: Jenis, Ciri, dan Fungsinya

Senin, 15 Agustus 2022 | 21:31 WIB
X