Orang Dewasa Sulit Mengingat Masa Kecil, Apakah Gejala Amnesia? 

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 05:39 WIB
Ilustrasi lupa (foto: alodok)
Ilustrasi lupa (foto: alodok)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pada saat anak-anak berusia dua tahun, mereka dapat menjawab peristiwa yang baru-baru ini terjadi. Selama empat atau lima tahun ke depan, anak-anak akan menjadi lebih baik lagi dalam mengingat dan menggambarkan peristiwa-peristiwa penting dalam kehidupan mereka. 

Baca Juga: 5 Manfaat Bengkuang, Kurangi Resiko Kanker Hingga Atur Gula Darah

Pada usia tujuh atau delapan tahun, sebagian besar anak memiliki ingatan autobiografi yang berkembang dengan baik dengan tingkat lupa yang wajar. Namun, ketika ditanya mengenai ingatan sebelumnya, anak-anak jarang dapat mengingat peristiwa yang terjadi lebih awal dari usia tiga atau empat tahun. Ingatan-ingatan awal ini menjadi lebih sulit diingat ketika usia bertambah dewasa. Dalam penelitian childhood amnesia ini masih menjadi misteri. 

Baca Juga: Gejala Kanker Otak! Perubahan Suasana Hati Hingga Gangguan Penglihatan

Orang Dewasa Akan Sulit Mengingat Peristiwa Masa Kecil

Childhood amnesia merupakan ketidakmampuan orang dewasa mengingat peristiwa yang terjadi sebelum usia mereka 2-4 tahun. Perkembangan kognitif pada otak disebut sebagai efek memori awal manusia. Ini disebabkan adanya sistem limbik yang tidak berkembang (terutama pada amigdala dan hippocampus), di mana ingatan disimpan secara kimia dalam otak. Itulah alasannya orang dewasa sangat sulit mengingat peristiwa pada masa kanak-kanak. 

Salah satu penjelasan yang sederhana dari childhood amnesia adalah kurangnya perkembangan neurologis, yaitu perkembangan bagian-bagian otak yang bertanggung jawab atas penyimpanan atau pengambilan ingatan episodik.  Kurangnya pematangan neurologis, yaitu pematangan struktur otak yang diperlukan untuk penciptaan, penyimpanan, dan penarikan kembali memori selama masa bayi dan anak usia dini mungkin menjelaskan fenomena childhood amnesia

Berdasarkan penjelasan tersebut, childhood amnesia terjadi bukan karena hilangnya ingatan seiring waktu, tetapi lebih disebabkan oleh kurangnya penyimpanan ingatan ini sejak awal. Kurangnya ingatan yang tersimpan disebabkan oleh ketidakdewasaan otak. 

Kemampuan Otak Setiap Usia dapat Berbeda

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: Halodoc.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nama Ruangan dan Tempat Umum dalam Bahasa Inggris

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:54 WIB

Cara Menulis Abstrak Dalam Karya Ilmiah

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:51 WIB

Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Jepang

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:48 WIB

Apresiasi: Pengertian dan Fungsinya

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:14 WIB

Memahami Mitologi Di Belahan Dunia

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:11 WIB

Mengenal Proses Terjadinya Banjir

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:10 WIB
X