Edukasi Penggunaan Media Sosial Berorientasi Pendidikan terhadap Siswa Kelas 3 SMAN 3 Lengayang

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 16:57 WIB

Media sosial memainkan peranan dalam segala aspek kehidupan. Pengguna ruang digital dapat menimba ilmu pengetahuan (transformation knowledge) melalui media sosial. Akan tetapi tidak ramai di kalangan pengguna media sosial yang menjadikan flatform media sosial berorientasi pendidikan khususnya di kalangan siswa/siswi SMA kelas 3 yang sudah diambang akhir belajar.

Melalui kegiatan Pengabmas ini, kami dari Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Perintis Indonesia mengangkat topik Pengabmas dengan judul “Edukasi Tentang Penggunaan Media Sosial Berorientasi Pendidikan Terhadap Siswa/Siswi Kelas 3 SMAN 3 Lengayang, Pesisir Selatan”.

Kegiatan Pengabmas ini diketuai oleh Delpa, SS, M.Sc, Ph.D dan anggota Novia Amirah Azmi, M.I.Kom dan Yolanda Oktarina, MM. Acara tersebut dilaksanakan di Gedung Aula SMAN 3 Lengayang pada hari Sabtu, 15 Januari 2022 yang diikuti oleh 100 orang siswa/siswi kelas 3 dari berbagai jurusan.

Berdasarkan hasil interview terhadap beberapa siswa/siswi SMAN 3 Lengayang mendapati bahwa ramai dari kalangan mereka belum lagi memahami strategi memaksimalkan penggunaan media sosial berorientasi pendidikan. Padahal mereka adalah siswa/siswi kelas 3 yang merupakan angkatan terakhir dari jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Idealnya, mereka seharusnya telah melakukan beberapa kiat-kiat dan strategi memaksimalkan penggunaan media sosial berbasiskan bidang Pendidikan agar dapat memilih jenjang pendidikan yang sesuai dan tidak salah pilih. Selain dari itu, interview terhadap informan kajian juga menjelaskan bahwa ramai dari kalangan mereka kurang memahami tentang etika di ruang digital yang terhindar dari UU ITE.

Selanjutnya, hasil diskusi dengan beberapa siswa/siswi tersebut juga memaparkan tentang kencederungan mereka menggunakan media sosial lebih berorientasi bercanda tawa melalui interaksi sosial dengan netizen.



Terdapat empat model pendekatan untuk memaksimalkan penggunaan media sosial berorientasi pendidikan setelah tamat SMA kelak. Pertama pendekatan relation building di mana setiap siswa/siswi perlu menggunakan media sosial untuk membangun relasi yang sebanyak mungkin.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Penulis

Tags

Terkini

3 Cerita Dongeng Anak yang Memuat Nilai Moral

Rabu, 17 Agustus 2022 | 13:56 WIB

3 Cerita Legenda Indonesia yang Populer

Rabu, 17 Agustus 2022 | 09:40 WIB

Cerita Dongeng: Jenis, Ciri, dan Fungsinya

Senin, 15 Agustus 2022 | 21:31 WIB
X