Tata Nama Senyawa Berdasarkan IUPAC (International Union of Pure and Applied Chemistry)

- Senin, 17 Januari 2022 | 19:53 WIB
Ilustrasi nama senyawa menurut IUPAC
Ilustrasi nama senyawa menurut IUPAC

Sejak zaman dahulu, para ilmuwan kimia sudah menentukan beberapa nama pada senyawa yang berhasil ditemukan diidentifikasi. Namun, penamaan yang dilakukan belum bersifat internasional dan baku. Akhirnya, pada tahun 1892, perhimpunan kimiawan internasional melakukan pertemuan di Jenewa, Swiss untuk merumuskan aturan penamaan senyawa kimia. Tata nama yang dirumuskan oleh para ahli kimia tersebut disebut dengan tata nama IUPAC (International Union of Pure and Applied Chemistry). Nama senyawa kimia berdasarkan IUPAC disebut nama sistematik atau nama IUPAC. Nah, nama yang sudah biasa digunakan sebelum tata nama IUPAC tetap digunakan dan disebut nama biasa atau nama trivial.

Baca Juga: Indikator Asam Basa

Nah, kali ini kita akan membahas tentang penamaan untuk nama sistematik atau nama IUPAC. Aturan IUPAC digunakan dalam penamaan senyawa kimia anorganik dan senyawa kimia organik. Berikut penjelasan pada tata nama senyawa kedunya dilansir dari Studiobelajar.com.

Tata Nama Senyawa Anorganik

Senyawa kimia anorganik dapat dikelompokkan menjadi 3 jenis senyawa, yaitu senyawa ion, senyawa molekul, dan asam. Berikut penjelasan masing-masing tata nama senyawanya.

A. Tata Nama Senyawa ion

Senyawa ion terbentuk dari ikatan ionik yang terdiri dari kation (ion positif) dan anion (ion negatif). Pada umumnya, kation merupakan ion logam atau nonlogam dan anion merupakan ion nonlogam.

  1. Kation

Kation adalah unsur yang dapat menghasilkan ion positif. Kation dapat dibagi menjadi dua, yaitu unsur logam dan nonlogam.

  • Kation Logam

Kation logam dari unsur logam diberi nama sama dengan unsur logam tersebut. Contoh ion dari unsur logam, yaitu ion natrium (Na+), ion kalsium (Ca2+), dan ion magnesium (Mg2+) pada golongan A. Nah, pada golongan B contohnya adalah ion besi (Fe2+ dan Fe3+) dan ion perak (Ag+).

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Studio Belajar, Kimia untuk SMA/MA Kelas X oleh Budi Utami

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X