Tata Nama Senyawa Alkuna (Senyawa Hidrokarbon) Berdasarkan IUPAC

- Senin, 17 Januari 2022 | 20:05 WIB
Pengelasan (ilustrasi pemanfaatan senyawa alkuna pada kehidupan sehari-hari)
Pengelasan (ilustrasi pemanfaatan senyawa alkuna pada kehidupan sehari-hari)

Pada ilmu kimia, senyawa dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu senyawa organik dan senyawa anorganik. Kali ini, kita akan membahas mengenai senyawa organik, yaitu senyawa alkuna. Apa itu senyawa alkuna? Senyawa alkuna merupakan merupakan golongan senyawa hidrokarbon alifatik. Artinya, senyawa ini tersusun dari unsur atom karbon (C) dan atom hidrogen (H) yang saling terikat dan membentuk rantai terbuka (bisa bercabang maupun tidak). Alkuna sendiri termasuk ke dalam hidrokarbon alifatik tak jenuh karena memiliki ikatan rangkap antar rantai atom karbonnya. Berikut penjelasan singkat mengenai senyawa alkuna.

Baca Juga: Tata Nama Senyawa Alkana (Hidrokarbon)

Alkuna merupakan jenis senyawa hidrokarbon alifatik tak jenuh yang memiliki ikatan rangkap tiga. Senyawa ini dapat dijumpai pada kehidupan sehari-hari, seperti bahan baku pembuatan bahan sintetis seperti plastik, proses pengelasan, pemotongan besi dan logam, serta pada proses mempercepat pematangan buah. Untuk lebih memahami alkuna, berikut penjelasan sifat fisik dan sifat kimia.

  1. Sifat Fisis: senyawa nonpolar (tidak mudah larut dalam air). Pada suhu kamar alkuna C2 - C4 berwujud gas, C5 - C15 berwujud cair, C16 dan seterusnya berwujud padat. Pada rantai lurus, semakin panjang rantai C, titik didih semakin tinggi. Pada rantai bercabang, semakin banyak cabangnya, maka akan semakin rendah titik didihnya.
  2. Reaksi-Reaksi Kimia: Reaksi pada alkuna mirip dengan alkena, hanya berbeda pada kebutuhan jumlah pereaksi untuk penjenuhan ikatan rangkap. Alkuna membutuhkan jumlah pereaksi dua kali kebutuhan pereaksi pada alkena untuk jumlah ikatan rangkap yang sama. Reaksi yang terjadi pada alkuna adalah reaksi adisi.
  • Reaksi adisi

Reaksi adisi adalah reaksi penjenuhan atau pemutusan ikatan rangkap oleh hidrogen (H2), halogen (X2), atau asam halida (HX).

Baca Juga: Tata Nama Senyawa Alkena (Senyawa Hidrokarbon) Berdasarkan IUPAC

Tata Nama Senyawa Alkuna secara Umum

Kali ini, kita akan membahas mengenai tata nama senyawa alkuna yang dilansir dari Ruangguru.com.

Rumus umum alkuna:

CnH2n-2

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Ruangguru.com, Kimia untuk SMA/MA Kelas X oleh Budi Utami

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X