Penggolongan Jenis dan Sifat dari Karbohidrat

- Kamis, 20 Januari 2022 | 14:54 WIB
Ilustrasi karbohidrat
Ilustrasi karbohidrat

Kamu pasti pernah mendengar apa karbohidrat, bukan? Karbohidrat merupakan salah satu contoh senyawa organik hidrokarbon yang memiliki banyak manfaat. Nah, manfaat utama dari karbohidrat di dalam tubuh sebagai sumber energi. Karbohidrat sendiri terbentuk dari sintesa CO2 dan H2O dengan bantuan sinar matahari dan hijau daun (klorofil) pada proses fotosintesis.

Baca Juga: Fotosintesis: Pengertian dan Penjelasan Dua Tahapan Prosesnya

Secara kimia, karbohidrat termasuk ke dalam turunan aldehida atau keton yang memiliki rumus umum (CH2O)n atau CnH2nOn. Jadi, karbohidrat adalah senyawa yang mengandung 3 jenis unsur utama, yaitu karbon(C), hidrogen(H), dan oksigen (O). Sekalipun begitu, ada pula karbohidrat yang mengandung unsur lain, seperti unsur nitrogen (N), fosfor (P), atau sulfur (S).

Penggolongan Karbohidrat

Nah, karbohidrat sendiri dapat digolongkan menjadi berbagai jenis berdasarkan jumlah gula penyusunnya. Berikut penjelasan masing-masing golongan yang dilansir dari Materi Kimia Karbohidrat Jurusan Gizi, Fakultas Kedokteran, Universitas Brawijaya yang ditulis oleh Ilzamha Hadijah Rusdan, S.TP., M.Sc.

Baca Juga: Intip 5 Trik Kurangi Asupan Karbohidrat

  1. Monosakarida

Monosakarida merupakan golongan karbohidrat paling sederhana. Golongan ini terdiri dari beberapa jenis, yaitu triosa, treptosa, pentose, heksosa, dan septosa. Kali ini, kita akan membahas tentang kelompok heksosa dan pentosa yang sering ditemukan di kehidupan sehari-hari.

1) Heksosa

Struktur kimia dari monosakarida heksosa (C6) terdiri dari glukosa, galaktosa, dan fruktosa (kiri ke kanan)

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Materi Kimia Karbohidrat Jurusan Gizi, Fakultas Kedokteran,

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X