Penjelasan Bahan Kimia yang Perlu Kamu Pahami

- Kamis, 20 Januari 2022 | 22:42 WIB
Tabel periodik (ilustrasi bahan kimia)
Tabel periodik (ilustrasi bahan kimia)

Apakah kamu tahu apa itu bahan kimia? Coba, sebutkan bahan kimia yang pernah kamu temui. Asam cuka? Gula? Sabun? Bahan pengawet? Wah, ternyata ada banyak sekali bahan kimia di sekitar kita. Dalam kehidupan sehari-hari, kita memang tidak lepas dari bahan kimia. Bahkan, di dalam tubuhmu ada berbagai jenis bahan kimia, seperti asam lambung, amonia, dan lain-lain. Nah, untuk memahami lebih lanjut tentang bahan kimia, simak penjelasan berikut yang dilansir dari Pinhome.id.

Definisi Bahan Kimia

Bahan kimia adalah zat murni atau senyawa campuran yang terdiri dari beragam elemen-elemen kimiawi. Bahan kimia ini memiliki sifat dapat dihirup, dilihat, dan disentuh yang berasal dan tersusun dari bahan kimia. Bahan-bahan kimia biasanya digunakan sebagai reagen untuk reaksi-reaksi tertentu.

Baca Juga: Sistem Periodik Unsur Kimia

Jenis-Jenis Bahan Kimia

Ada beberapa jenis bahan kimia, yaitu:

  1. Asam

Asam merupakan jenis zat senyawa kimia yang mengandung ion hidrogen yang sangat reaktif. Senyawa asam memiliki pH yang rendah atau dibawah 7. Asam banyak digunakan dalam percobaan yang menerapkan reaksi asam-basa. Bahan kimia yang bersifat asam bisa menjadi sangat beracun dan sangat berbahaya, pada konsentrasi yang rendah bahan asam tersebut akan bisa jadi lebih aman.

Baca Juga: Indikator Asam Basa

  1. Basa

Basa adalah lawan dari sifat asam yang dimana bahan kimia bersifat basa ini mempunyai kandungan ion hidroksida. Ketika hidroksida bertemu dengan hidrogen dalam asam, maka keduanya akan dapat bergabung dan menjadi air (H2O). Basa memiliki nilai pH yang sangat tinggi atau lebih dari 7 pH meter. Pada umumnya, bahan kimia yang bersifat basa tidak sekeras dan tidak berbahaya seperti asam.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: pinhome.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X