Penjelasan dan Simbol Bahan Kimia Berbahaya di Kehidupan Sehari-Hari

- Kamis, 20 Januari 2022 | 22:46 WIB
Simbol-simbol bahan kimia berbahaya
Simbol-simbol bahan kimia berbahaya

Untuk menjaga diri kita dari berbagai hal yang berbahaya, saat di luar dan di dalam ruangan, kita harus mengetahui beberapa simbol tertentu. Contohnya, saat kamu sedang mengendarai kendaraan dan melintasi daerah yang rawan longsor, kamu harus lebih berhati-hati. Bahkan, saat hujan turun, kamu sebaiknya menghindari tempat yang rawan longsor.

Nah, dalam beberapa bahan kimia, para ilmuwan juga melakukan klasifikasi dan menandai beberapa bahan yang bersifat negatif atau berbahaya. Salah satu manfaat dari penandaan tersebut untuk menjaga diri dari hal yang membahayakan bagi kesehatan dan keselamatan para pekerja dan lingkungannya (K3LH). Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, berikut penjelasan tentang bahan kimia berbahaya dan simbolnya.

Pengertian Bahan Kimia Berbahaya

Bahan kimia merupakan sebuah zat murni atau bisa juga campuran yang terdiri dari beragam elemen-elemen kimiawi. Contohnya adalah air yang juga termasuk salah satu bahan kimia murni karena homogen hanya terdiri dari satu jenis bahan yaitu seluruh strukturnya hanya terdapat molekul H2O.

Jadi, bahan kimia berbahaya adalah senyawa atau unsur yang dapat mengakibatkan kerusakan bagi benda lain. Ada tiga cara bahan kimia berbahaya dapat masuk ke dalam tubuh, yaitu:

  1. Inhalasi

Pada bahan kimia berbentuk larutan, terutama bahan kimia dengan memiliki volatilitas tinggi biasanya dapat menghasilkan uap dan dapat tersebar ke udara. Bahan kimia yang berbentuk uap tersebut. Ketika uap bercampur dengan udara dan terhirup maka dengan demikian akan dapat menyebabkan efek inhalasi.

  1. Tertelan (Oral)

Beberapa bahan kimia dapat tertelan. Oleh karena itu, pada laboratorium umumnya terdapat peraturan keras untuk tidak makan dan minum ketika berada di dalam laboratorium.

Baca Juga: Penjelasan Bahan Kimia yang Perlu Kamu Pahami

  1. Kontak Kulit

Kontak kulit dengan bahan kimia adalah kecelakaan yang sering terjadi dimana bahan kimia mengenai kulit baik sengaja maupun tidak sengaja. Sehingga hal tersebut dapat menyebabkan dampak negatif pada kulit contoh seperti iritasi, bengkak, dan hingga luka kayak terbakar.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: pinhome.id, Synergysolusi.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X