Definisi, Faktor, dan Jenis Reaksi Kimia

- Kamis, 20 Januari 2022 | 22:51 WIB
Ilustrasi reaksi kimia
Ilustrasi reaksi kimia

Dalam kehidupan sehari-hari, kita banyak menemukan berbagai jenis reaksi kimia. Reaksi kimia sendiri dapat terjadi di daratan, atmosfer, dan lautan. Nah, ada perbedaan antara perubahan kimia dan perubahan fisik. Contoh dari bentuk perubahan fisik adalah pada air, air dapat berubah menjadi uap air (gas), cairan, dan es (padat). Lalu, contoh dari perubahan kimia adalah penambahan natrium (Na) pada air (H2O) maka akan berubah menjadi (NaOH). Untuk lebih memahami tentang reaksi kimia, simak penjelasan berikut yang dilansir dari Gramedia Blog.

Definisi Reaksi Kimia

Reaksi kimia adalah suatu proses di mana satu atau lebih zat, diubah menjadi satu atau zat yang berbeda dan menghasilkan produk yang baru. Zat sendiri merupakan unsur atau senyawa kimia. Reaksi kimia mengatur ulang atom reaktan untuk membuat zat yang berbeda.

Penampakan yang terjadi apabila adanya suatu reaksi kimia dapat ditunjukkan dengan perubahan fisik, adanya perpindahan panas, perubahan warna, dan perubahan susunan molekul. Untuk memudahkan dalam memahami reaksi kimia, maka dibentuk persamaan kimia. Persamaan kimia adalah pernyataan matematis yang melambangkan pembentukan produk dari reaktan sekaligus menyatakan kondisi tertentu yang menjadi alasan terjadinya reaksi. Reaktan ditulis di sebelah, sedangkan produk yang terbentuk berada di sisi kanan. Reaksi dapat dihubungkan oleh anak panah. Persamaan reaksi dapat dituliskan sebagai berikut.

A + B → C + D

A dan B adalah sebuah reaktan yang bereaksi dan membentuk produk C dan D. Berdasarkan kekekalan massa, persamaan kimia harus seimbang, yaitu jumlah atom di kedua sisi harus sama. Berikut contoh persamaan reaksi kimia.

CH4 + 2O2 → CO2 + 2H2O

Dari persamaan kimia di atas dapat dilihat bahwa jumlah atom di sisi sebelah kiri memiliki jumlah yang sama dengan jumlah atom di sebelah kanan.

Ciri-Ciri Reaksi Kimia

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Gramedia Blog

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X