Tim Pengabmas Upertis Indonesia Edukasi Masyarakat Pasir Nan Tigo Padang Tentang Kesehatan Kulit

- Jumat, 21 Januari 2022 | 13:40 WIB
Tim Pengabdian Masyarakat (Pengabmas) Universitas Perintis (Upertis) Indonesia melakukan edukasi kesehatan terhadap masyarakat Kelurahan Pasir Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Kota Padang.
Tim Pengabdian Masyarakat (Pengabmas) Universitas Perintis (Upertis) Indonesia melakukan edukasi kesehatan terhadap masyarakat Kelurahan Pasir Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Kota Padang.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Tim Pengabdian Masyarakat (Pengabmas) Universitas Perintis (Upertis) Indonesia melakukan edukasi kesehatan terhadap masyarakat Kelurahan Pasir Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Kota Padang, baru-baru ini.

Tim Pengabmas yang diketuai Suraini dengan anggota Anggun, Ikhwan dan Mahasiswa Anya dan Dwi melakukan edukasi kesehatan masyarakat tentang penyakit kulit.

Hasil observasi tim pengabmas, terlihat banyak masyarakat Kelurahan Pasir Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Kota Padang yang mengalami penyakit kulit mulai dari anak-anak sampai remaja.

Baca Juga: Dosen dan Mahasiswa Gizi dan TLM Fikes UPERTIS Laksanakan Pengabmas di Balai Gadang dan Sungai Bangek

Penyakit kulit akibat infeksi jamur merupakan salah satu penyakit infeksi yang tidak berbahaya, akan tetapi jika tidak segera ditangani akan menimbulkan infeksi sekunder yang dapat mengganggu aktivitas. Infeksi sekunder yang dapat ditimbulkan diantaranya gatal, demam hingga meriang.

"Penyakit infeksi kulit dapat dicegah dengan menjaga kebersihan diri dan pengetahuan tentang gejala jika terinfeksi," kata Ketua Tim Pengabmas Upertis Indonesia Suraini.

Dijelaskan, observasi awal dilakukan oleh mahasiswa DIV Analis Kesehatan/Teknologi Laboratorium Medis Upertis Indonesia pada mata kuliah mikologi medis.

Baca Juga: Upertis Edukasi dan Latih Kesiapsiagaan Remaja Tangguh Bencana di Ulak Karang Selatan Kota Padang

"Edukasi kesehatan dilakukan untuk mengenal jamur penyebab penyakit kulit, penyebab dan cara pencegahannya. Edukasi dilakukan dengan mendatangi rumah warga serta membagikan player guna menjadi bahan bacaan terkait pencegahan penyakit kulit akibat jamur," ujar Suraini.

Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat agar terhindar dari penyakit infeksi kulit akibat jamur.
"Alhamdulillah kegiatan ini sangat disambut masyarakat Kelurahan Pasir Nan Tigo. Masyarakat juga terlihat sangat aktif untuk bertanya terkait edukasi yang diberikan," kata Suraini lagi. (*)

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Tags

Terkini

X