Hebat! Siswa SMAK Padang Sulap Limbah Darah Sapi jadi Pupuk Organik

Administrator
- Senin, 24 Mei 2021 | 18:14 WIB

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah bertemu Kepala Biro Humas Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia (RI) Dr. M. Basri, MM. MH, di Istana Gubernur, Senin (24/5/2021).

Pertemuan tersebut dalam rangka SINOVIK (Sistem Inovasi Pelayanan Publik) oleh Kemenperin RI berbasis inovasi terhadap pengolahan limbah darah sapi sebagai bahan baku pupuk organik cair hasil dari pengetahuan karya ilmiah siswa SMK SMAK Padang.

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Menurut Mahyeldi, dengan adanya pengolahan limbah darah sapi menjadi pupuk organik yang diolah dalam bentuk tepung dan pakan ternak ini merupakan Inovasi yang dilakukan merupakan modifikasi.

"Dari limbah darah sapi diolah menjadi pupuk organik cair hingga dapat digunakan untuk padi, buah-buahan, sayur-sayuran, dan tanaman hias dan lain-lainnya," kata Mahyeldi.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Selain itu ia juga mengatakan kehadiran pupuk organik ini di Sumatera Barat sangat besar manfaatanya, karena masalah pupuk sangat dibutuhkan oleh pertanian.

"Karena pupuk cair dari limbah ini sangat bermanfaat dalam menjawab kekurangan kekurangan dari para petani. Apa lagi visi misi kita di Sumbar untuk meningkatkan pendapatan dari petani, meningkatkan pendapatan peternak, juga meningkatkan pendapatan bagi para nelayan," ujar Mahyeldi.

Di samping itu, Mahyeldi berharap pupuk ini dapat medorong produksi dan juga meningkatkan biaya produksi, sehingga selisih biaya dengan hadirnya inovasi-inovasi diantaranya mendorong siswa untuk terus berinovasi, serta memfasilitasi siswa dalam pengembangan karyanya.

"Untuk mengolah limbah-limbah dapat menjadi suatu hal yang bermanfaat bagi para petani, sehingga dapat terproduksi dengan baik," harapnya.

Sementara itu, Kepala Biro Humas Kementerian Perindustrian Republik Indonesia Basri juga mengharapakan inovasi yang sudah dilakukan sinovak ini bisa berjalan di Sumatera Barat dengan baik.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

40 Contoh Parikan Berbahasa Jawa

Selasa, 17 Mei 2022 | 10:08 WIB

Kumpulan Rumus Fisika yang Sering Digunakan

Kamis, 12 Mei 2022 | 21:09 WIB
X