20 Contoh Negara Monarki (Kerajaan) di Dunia

- Senin, 21 Februari 2022 | 16:50 WIB
Kerajaan Inggris (contoh negara monarki)
Kerajaan Inggris (contoh negara monarki)

Negara monarki merupakan negara yang dipimpin oleh raja atau kaisar. Bentuk negara kerjaan terbagi menjadi tiga jenis, yaitu monarki absolut, monarki konstitusional serta bentuk negara monarki semikonstitusional. Berikut 20 contoh negara monarki di dunia dilansir dari Gramedia.com

Contoh-Contoh Negara Kerajaan di Dunia

  1. Kerajaan Inggris

Kerajaan Inggris menguasai empat negara, yaitu Inggris, Skotlandia, Wales serta Irlandia Utara. Inggris menerapkan monarki konstitusional. Sehingga, dalam pemerintahannya ada perdana menteri untuk memerintah, selain ratu. Selain itu, perdana menteri memiliki kemampuan untuk membuat undang-undang maupun mengesahkan undang-undang yang masih berada dalam parlemen terpilih. Pemimpin dari Inggris saat ini adalah Ratu Elizabeth II yang memimpin sejak 1952. Ratu Elizabeth II sebagai penguasa terlama dalam sejarah Inggris.

  1. Kerajaan Arab Saudi

Arab Saudi adalah negara monarki yang seorang Raja, yaitu Raja Salman bin Abdulaziz al- Saud. Raja Salman merupakan kepala negara yang memiliki wewenang sekaligus tanggung jawab memerintah negara Arab Saudi. Arab Saudi memiliki sistem pemerintah monarki absolute, yaitu keberadaan perdana menteri di Arab Saudi hanya sebagai wujud simbolis. Sebab, kuasa penuh tetap milik raja. Di Arab Saudi, raja terpilih berdasarkan turun temurun. Namun, ada komite pangeran Saudi untuk memilih raja yang menjabat sesuai dengan dekrit yang ada di Arab Saudi pada tahun 2006.

Baca Juga: Dubes Arab Saudi Senang dengan Keindahan Kota Padang, Siap Lakukan Kerjasama Investasi

  1. Kerajaan Kuwait

Kuwait adalah salah satu negara kaya akan hasil buminya terutama minyak yang berada di sekitar pesisir Teluk Persia, Timur Tengah. Kuwait dipimpin oleh seorang raja bernama Nawaf al Sabah yang menjabat sejak 29 September 2020. Di Kuwait, raja disebut emir. Kuwait menerapkan sistem pemerintahan monarki semikonstitusional.

  1. Kerajaan Liechtenstein

Liechtenstein merupakan negara seluas sekitar 120 km persegi yang tertelak di tepi timur Sungai Rhein, tepatnya di antara Austria serta Swiss. Saat ini, Kerajaan Liechtenstein dipimpin oleh pangeran Hans Adam II, yaitu putra tertua dari Pangeran Franze Josef II dengan Putri Gina yang sebelumnya mewarisi takhta dan menjadi raja. Saat ini, Pangeran Hans Adam adalah penguasa ke 15 yang menjabat, setelah ayahya meninggal pada tahun 1989.

  1. Kerajaan Qatar

Qatar merupakan negara emirat yang berada di Timur Tengah dan terletak di sebuah semenanjung kecil di Jazirah Arab di Asia Barat. Qatar adalah negara yang berbatasan darat dengan Arab Saudi di selatan dan sisanya berbatasan dengan Teluk Persia. Kerajaan Qatar dipimpin oleh Keluarga Thani sejak abad ke 19. Pendiri Qatar ialah Syekh Jassim bin Mohammed Al Thani. Raja atau emir saat ini bernama Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani. Qatar merupakan negara kerajaan yang menerapkan pemerintahan monarki konstitusional.

  1. Kerajaan Uni Emirat Arab (UEA)

Kerajaan Uni Emirat Arab merupakan negara monarki federasi. Monarki yang kini dianut oleh UEA merupakan sistem monarki yang terpilih dan terbentuk berdasarkan federasi dari tujuh emirat, antara lain Abu Dhabis, Ajman, Dubai, Fujairah, Ras al Khaimah, Umm al Qaiwain dan Sharjah. Masing-masing dari negara bagian di UEA dipimpin oleh raja secara turun temurun disebut emir. Namun, Uni Emirat Arab juga memiliki satu presiden federasi. Saat ini, Presiden Uni Emirat Arab ialah Khalifa bin Zayed al Nahyan.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Gramedia.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Cerita Legenda Indonesia yang Populer

Rabu, 17 Agustus 2022 | 09:40 WIB

Cerita Dongeng: Jenis, Ciri, dan Fungsinya

Senin, 15 Agustus 2022 | 21:31 WIB

4 Cerita Dongeng Pendek tentang Hewan (Fabel)

Senin, 15 Agustus 2022 | 20:12 WIB

Desain Grafis: Pengertian, Jenis-Jenis, Dan Fungsinya

Senin, 15 Agustus 2022 | 15:59 WIB
X