Cara Mengatasi Fenomena Sosial Pengangguran

- Selasa, 22 Maret 2022 | 10:32 WIB
Ilustrasi mencari kerja sebagai cara mengatasi pengangguran
Ilustrasi mencari kerja sebagai cara mengatasi pengangguran

Bagi semua negara di dunia, pengangguran merupakan salah satu fenomena sosial yang harus dihadapi dan diatasi. Tidak hanya negara berkembang yang mengalami fenomena tersebut, negara maju juga terus berusaha untuk mengatasi masalah ini. Pengangguran sendiri dianggap sebagai fenomena atau kejadian sosial yang wajar wajar terjadi di masyarakat. Hal ini terjadi seperti peribahasa ‘Bagai roda berputar’. Dimana, ada sebuah sistem kehidupan yang membuat manusia lebih dinamis. Sebab, kita tidak selamanya memiliki pekerjaan dan tidak selamanya menjadi pengangguran.

Baca Juga: 10 Faktor Penyebab Pengangguran di Indonesia

Fenomena dimana ada tenaga kerja yang kehilangan atau keluar dari pekerjaannya akan menimbulkan masalah apabila tingkat pengangguran di suatu negara tinggi. Dari fenomena sosial tersebut, dapat diindikasikan bahwa penyerapan tenaga kerja di negara tersebut tidak maksimal karena jumlah lapangan kerja yang tersedia lebih sedikit dari jumlah tenaga kerja. Masalah ini dapat termasuk ke dapam masalah makroekonomi bagi negara maupun individu yang mengalami hal tersebut. Pengangguran atermasuk masalah yang paling berat. Apabila seseorang mengalami fenomena sosial ini, akan ada beberapa akibatnya, seperti penurunan standar kehidupan dan menjadi tekanan psikologis seseorang.

Pembahasan pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara mengatasi pengangguran. Kita harus terus berusaha untuk menemukan penyelesaian bagi masalah tersebut. Sebab, setiap manusia berhak untuk memperoleh standar kehidupan dan kondisi mental yang baik. Simak penjelasan tentang pengangguran yang dilansir dari Kompas.com berikut ini.

Definisi dan Penyebab Pengangguran

Sebelum mengetahui cara mengatasi fenomena ini, mari simak definisi pengangguran. Pengangguran disebut juga tuna karya. Secara istilah, pengangguran merupakan orang yang tidak mempunyai pekerjaan, sedang mencari pekerjaan, atau sedang mempersiapkan pekerjaan.

Penyebab dari pengangguran dapat disebabkan beberapa faktor. Berikut beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya pengangguran.

  1. Lapangan kerja lebih sedikit dibandingkan jumlah tenaga kerja
  2. Kurangnya tenaga kerja yang memiliki tingkat pendidikan dan terampil yang dibutuhkan di lapangan kerja
  3. Teknologi yang menggantikan manusia
  4. Adanya ketidakseimbangan jumlah dan keterampilan dari tenaga kerja di daerah dan kota
  5. Harapan tenaga kerja yang tidak sesuai dengan lapangan kerja
  6. PHK (Pemutusan Hak Kerja) secara missal akibat beberapa kejadian, seperti krisis moneter, perusahaan bangkrut, akuisi perusahaan, dan pandemi.

Baca Juga: Pengertian Pengangguran dalam Ilmu Sosial

Cara Mengatasi Pengangguran

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Kompas

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Adhesi dan Kohesi: Pengertian, Contoh dan Dampaknya

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 03:22 WIB
X