Kenali Pengertian dan Ciri-Ciri Kalimat Tidak Efektif dalam Bahasa Indonesia

- Selasa, 22 Maret 2022 | 11:04 WIB
Ilustrasi kalimat tidak efektif
Ilustrasi kalimat tidak efektif

Saat kita menuliskan suatu informasi, pelajaran tentang membuat kalimat yang benar dan tepat dalam bahasa Indonesia sangat penting. Informasi biasanya disajikan dalam bentuk susunan kata yang disebut dengan klausa sedangkan kumpulan klausa disebut kalimat. Dalam pembuatan kalimat yang baik dan benar, informasi yang hendak disampaikan harus mudah dipahami oleh pembaca atau pendengar. Kalimat yang baik dan benar disebut kalimat efektif.

Agar kamu dapat menyusun kalimat efektif, hindari beberapa hal yang menyebabkan susunan menjadi kalimat tidak efektif. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang pengertian dan ciri-ciri dari kalimat tidak efektif yang perlu diketahui. Melansir dari Gramedia.com, berikut pembahasan kalimat tidak efektif.

Pengertian Kalimat Tidak Efektif

Kalimat tidak efektif merupakan susunan kata atau kalimat yang tidak mudah untuk dipahami dan tidak dapat menyampaikan pesan yang lengkap dan jelas bagi pembaca atau pendengar. Apabila kalimat tidak disusun dengan efektif, maka penulis atau pembicara tidak mudah dimengerti. Bahkan, pembaca sulit atau terjadi salah persepsi saat menerima maksud dan tujuan dari pesan yang disampaikan oleh pembicara atau penulis.

Dalam lingkungan akademis, kalimat tidak efektif sangat dihindari untuk digunakan dalam berbagai macam tulisan ilmiah. Kalimat ini tidak dapat menyajikan laporan hasil penelitian yang mudah dimengerti oleh kalangan akademis. Lalu, karya ilmiah yang tidak diterima di lingkungan akademis tidak akan bisa dikembangkan. Bahkan penulis karya ilmiah tersebut akan dianggap kurang kompeten dalam bidangnya.

Baca Juga: Kenali Ciri-Ciri Kalimat Efektif dalam Bahasa Indonesia

Secara umum, suatu kalimat disebut kalimat tidak efektif  apabila mengandung beberapa unsur berikut. Unsur ini membantu kita untuk menghindari susunan kalimat yang tidak pas agar pesan yang hendak disampaikan dapat dipahami dengan mudah. Berikut unsur-unsur kalimat tidak efektif.

  1. Tidak adanya subjek atau predikat
  2. Letak predikat yang tidak sesuai
  3. Letak objek yang tidak sesuai
  4. Letak keterangan yang tidak sesuai
  5. Ejaan tidak sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI)

Ciri-Ciri Kalimat Tidak Efektif

Agar kamu semakin memahami kalimat tidak efektif, berikut ciri-ciri. Berikut ciri-ciri kalimat tidak efektif.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Gramedia.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengenal Berbagai Macam Bidang Manajemen

Senin, 4 Juli 2022 | 20:04 WIB

Materi Sejarah: Deklarasi Djuanda

Kamis, 30 Juni 2022 | 16:15 WIB

Contoh Soal Biologi Bab Animalia Kelas 10

Selasa, 28 Juni 2022 | 19:22 WIB

Gerak Higroskopis dan 5 Contoh pada Tumbuhan

Selasa, 28 Juni 2022 | 16:17 WIB

Jenis-Jenis Penyerbukan pada Berbagai Tanaman

Selasa, 28 Juni 2022 | 13:59 WIB
X