Pengertian dan Contoh Kalimat Majas Sinisme

- Senin, 28 Maret 2022 | 21:49 WIB
Ilustrasi majas sinisme
Ilustrasi majas sinisme

Majas adalah salah satu unsur puisi yang berarti bentuk gaya bahasa. Secara istilah, majas didefinisikan sebagai gaya bahasa yang digunakan penulis atau penyair dalam menuliskan sebuah pesan secara imajinatif dan kiasan. Majas juga digunakan untuk mengungkapkan pikiran melalui gaya bahasa secara khas yang memperlihatkan jiwa dan kepribadian seorang penulis.

Majas terdiri dari berbagai kelompok, seperti perumpamaan dan sindiran. Contoh dari majas-majas tersebut, antara lain personifikasi, metafora, hiperbola, ironi dan sinisme. Dalam pembahasan kali ini, kita akan membahas tentang salah satu kelompok majas sindiran, yaitu sinisme.

Pengertian Majas Sinisme

Sinisme berasal dari bahasa Yunani yang berarti seperti anjing. Sinisme sendiri merupakan suatu sindiran yang berbentuk kesangsian yang mengandung ejekan terhadap keikhlasan dan ketulusan hati. Sinisme merupakan salah satu jenis dari  majas sindiran yang lebih kompleks dibandingkan ironi. Sinisme dapat disebut sebagai majas sindiran yang lebih kasar daripada majas ironi. Majas sinisme adalah modifikasi dari ironi.

Baca Juga: Pengertian dan Contoh Majas Hiperbola

Majas sinisme merupakan gaya bahasa yang mengejek secara langsung atau tidak menggunakan ungkapan tertentu. Dalam pembuatan kalimatnya, majas ini menggunakan gaya bahasa yang berkebalikan dari majas ironi. Majas ini menggunakan kalimat kebalikan dari apa yang sebenarnya dikatakan. Meskipun kata-kata yang digunakan kasar, majas ini digunakan dalam beberapa kesempatan. Alasan penggunaan majas sinisme yang berupa sindiran kasar untuk memperkuat pesan agar benar-benar mengena atau diperhatikan dengan baik oleh pembaca atau pendengarnya.

Pengertian Majas Sinisme Menurut Para Ahli

Melansir dari Serupa.id, berikut beberapa pengertian majas sinisme menurut para ahli.

Keraf

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Serupa.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengertian dan Konsep Dasar Semiotika

Senin, 8 Agustus 2022 | 18:56 WIB

3 Macam Semiotika dan Tokoh-Tokohnya

Senin, 8 Agustus 2022 | 18:55 WIB

Struktur Teks Cerita Sejarah

Senin, 8 Agustus 2022 | 18:54 WIB

4 Teori Masuknya Islam ke Indonesia

Jumat, 5 Agustus 2022 | 21:19 WIB

Materi Biologi, Protozoa: Manfaat dan Dampaknya

Jumat, 5 Agustus 2022 | 18:58 WIB

Mengenal Sistem Reproduksi dan Klasifikasi Protozoa

Jumat, 5 Agustus 2022 | 18:57 WIB
X