Kenali Letak Geografis Korea Selatan

- Senin, 28 Maret 2022 | 22:03 WIB
Letak geografis Korea Selatan
Letak geografis Korea Selatan

Korea Selatan merupakan salah satu negara di Asia Timur dengan ibukota Seoul dan luas sekitar 99.274 km². Negara ini menjadi salah satu negara yang menjadi trendsetter dan terkenal KPop dan KDrama. Letak astronomis dari negeri berjulukan Ginseng ini adalah 33o 06’ 40” LU – 43o 00’ 39” dan 124o 11’ 00” BT – 131o 52’ 42” BT. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang letak geografis Korea Selatan.

Baca Juga: Kenali Letak Geografis Benua Asia

Letak Geografis Korea Selatan

Letak geografis dari Korea Selatan berada di dataran benua Asia, tepatnya di Asia Timur. Korea Selatan berada tepat di bagian selatan Semenanjung Korea. Negara yang satu-satunya berbatasan langsung dengan Korea Selatan adalah Korea Utara dengan panjang perbatasan 238 km yang ditetapkan dengan DMZ (Garis Demarkasi Militer).

Sebagian besar wilayah negeri ini dikelilingi perairan dan memiliki panjang garis pantai 2.413 km. Luas wilayah daratan keseluruhan adalah 100.032 km² dan luas perairan hanya 290 km². Berikut perbatasan Korea Selatan yang dibagi menjadi 4, antara lain:

  • Batas Barat: Laut Kuning
  • Batas Timur: Laut Jepang
  • Batas Utara: Korea Utara
  • Batas Selatan: Laut China Timur

Kondisi Geografis Korea Selatan

Korea Selatan adalah negara dengan topografi berupa daerah bergunung dan tidak rata. Pegunungan di wilayah timur umumnya menjadi hulu sungai-sungai besar, seperti sungai Han dan sungai Naktong. Sementara, wilayah barat merupakan bagian rendah yang terdiri dari daratan pantai yang berlumpur. Di wilayah barat dan selatan yang terdapat banyak teluk terdapat banyak pelabuhan yang baik seperti Incheon, Yeosu, Gimhae, dan Busan. Gunung tertinggi di Korea Selatan adalah Hallasan (1.950 m), berada di Pulau Jeju. Terdapat 3 rangkaian pegunungan utama di Korea Selatan, yakni Taebaek, Sobaek, dan Jiri.

Baca Juga: Siap-Siap ARMY ! BTS Dikabarkan Segera Duet Dengan Penyanyi Dunia Snoop Dogg

Dataran rendah di Korea Selatan hanya terdiri dari 30 % dari total luas wilayah. Dataran rendah sebagian besar terletak di pesisir barat dan di lembah-lembah sungai utama. Dataran rendah yang terpenting adalah dataran rendah Sungai Han yang mencakup ibukota Seoul, Pyeongtaek di pesisir barat, Lembah Sungai Geum, Lembah Sungai Nakdong, dataran Yeongsan, dan Honam di barat daya. Dataran rendah di pesisir timur lebih sempit.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Berbagai Sumber, Geologinesia.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Adhesi dan Kohesi: Pengertian, Contoh dan Dampaknya

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 03:22 WIB

Nama Ruangan dan Tempat Umum dalam Bahasa Inggris

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:54 WIB

Cara Menulis Abstrak Dalam Karya Ilmiah

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:51 WIB

Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Jepang

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:48 WIB
X