Pengaruh Letak Geografis ASEAN

- Senin, 28 Maret 2022 | 22:46 WIB
Pengaruh Letak Geografis ASEAN (Ruswanti)
Pengaruh Letak Geografis ASEAN (Ruswanti)

ASEAN merupakan singkatan dari Association of South East Asia Nations yang didirikan pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Organisasi ini didirikan untuk menghimpun negara-negara di Asia Tenggara. ASEAN yang terdiri dari 11 negara di Asia Tenggara memiliki tujuan untuk memaksimalkan kondisi geografis ASEAN. Pembahasan kali ini, kita akan mempelajari pengaruh letak geografis dari ASEAN.

Apa itu ASEAN?

ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) disebut juga Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara. Kantor sekretariat ASEAN berada di Jakarta, kota terbesar di Asia Tenggara. ASEAN merupakan organisasi geopolitik (hubungan antara politik dan teritori dalam skala lokal atau internasional). Tujuan dari ASEAN, antara lain membentuk kerja sama ekonomi, pengembangan kebudayaan, militer, pendidikan, dan perdamaian tingkat regional.

Semboyan dari ASEAN adalah “One Vision, One Identity, One Community" atau “Satu Visi, Satu Identitas, Satu Komunitas". Organisasi ini juga memiliki lagu kebangsaan yang diciptakan oleh Payom Valaiphatchra, yakni “The ASEAN Way" atau “Jalan ASEAN”.

Sejarah ASEAN

Sebagai organisasi yang menghimpun negara-negara di Asia Tenggara, ASEAN memiliki anggota sebanyak 10 negara. Awalnya, 5 negara di Asia Tenggara ini memprakarsai terbentuknya organisasi yang saling bekerja sama membangun Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand. Kemudian, negara-negara lain ikut bergabung, seperti Brunei Darussalam (Tercatat sudah 10 negara di Asia Tenggara yang menjadi bagian dari organisasi ini yaitu: Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand. Kemudian, negara lain ikut bergabung, yaitu Brunei Darussalam (bergabung 7 Januari 1984), Vietnam (bergabung 30 Juli 1995), Laos (bergabung 28 Juli 1997), Myanmar (bergabung 28 Juli 1997) dan Kamboja (bergabung 30 April 1999).

Baca Juga: Tujuan beserta Contoh Kerja Sama ASEAN dalam Bidang Ekonomi

Pemrakarsa pendirian ASEAN terdiri dari lima perwakilan negara, yaitu:

  1. Adam Malik, Menteri Luar Negeri Indonesia
  2. Tun Abdul Razak, Perdana Menteri Malaysia
  3. Narciso Ramos, Sekretaris Urusan Luar Negeri Filipina
  4. Rajaratnam, Wakil Perdana Menteri Singapura
  5. Thanat Khoman, Menteri Luar Negeri Thailand

Perwakilan setiap negara terdorong untuk mendirikan sebuah organisasi berdasarkan kesamaan letak geografis dengan tujuan meningkatkan percepatan pertumbuhan ekonomi dan memperbaiki hubungan internasional di kawasan tersebut. Tujuan pembentukan ASEAN tertuang dalam isi Deklarasi Bangkok, antara lain:

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Berbagai sumber, Kelaspintar.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengenal Berbagai Macam Bidang Manajemen

Senin, 4 Juli 2022 | 20:04 WIB

Materi Sejarah: Deklarasi Djuanda

Kamis, 30 Juni 2022 | 16:15 WIB

Contoh Soal Biologi Bab Animalia Kelas 10

Selasa, 28 Juni 2022 | 19:22 WIB

Gerak Higroskopis dan 5 Contoh pada Tumbuhan

Selasa, 28 Juni 2022 | 16:17 WIB

Jenis-Jenis Penyerbukan pada Berbagai Tanaman

Selasa, 28 Juni 2022 | 13:59 WIB
X