10 Tari Tradisional Nusa Tenggara Barat (NTB)

- Selasa, 29 Maret 2022 | 08:30 WIB
Tari Lenggo (Nusa Tenggara Barat)
Tari Lenggo (Nusa Tenggara Barat)

Kepulauan Nusa Tenggara yang terkenal dengan Taman Nasional Komodo dan pulau Sumbawa yang memiliki pesisir pantai bagus dan lingkungan yang asri dibagi menjadi 2, yaitu Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB). Kedua provinsi tersebut memiliki tradisi dan budaya yang berbeda. Hal ini dikarenakan, NTB sudah dipengaruhi oleh budaya Islam.

Pada pembahasan di artikel berikut 10 Tari Tradisional Nusa Tenggara Timur (NTT), kita telah membahas tentang tari tradisional asal Nusa Tenggara Timur (NTT). Pembahasan kali ini adalah tari tradisional yang berasal dari provinsi Nusa Tenggara Timur (NTB). Provinsi ini berpusat di Kupang. NTB sendiri berpusat di Kota Mataram. Berikut 10 tari tradisional dari Nusa Tenggara Barat.

Tari Tradisional Khas Nusa Tenggara Barat (NTB)

  1. Tari Buja Kadanda

Tari Buja Kadanda adalah tari Nusa Tenggara Barat yang berasal dari Bima, Nusa Tenggara Barat. Tari ini termasuk tari perang. Tarian perang ini menggambarkan dua prajurit yang sedang berperang sebagai mana gerakan penari.

Tari asal Nusa Tenggara Barat ini biasanya dibawakan oleh dua orang penari pria. Pakaian yang digunakan adalah pakaian prajurit khas NTB. Properti yang digunakan berupa senjata tradisional asal Bima, yaitu tombak dan perisai. Saat pementasan, lagu yang mengiringi lagu ini adalah lagu tradisional dengan alat musik tradisional, seperti gendang, gong, serunai, dan suara tawa.

  1. Tari Gandrung

Tari tradisional Gandrung asal suku Sasak di pulau Lombok merupakan tarian yang terinspirasi dari tari asal Jawa Timur. Tari Jaran Goyang sendiri mengalami penyebaran ke Bali sampai Lombok. Tari ini dibawakan sebagai perwujudan rasa syukur masyarakat setelah panen. Tari Gandrung asal Lombok sendiri merupakan perpaduan budaya Jawa dan Bali.

  1. Tari Gendang Beleq

Tari Gendang Beleq berasal dari suku Sasak. Dalam bahasa Sasak, beleq berarti besar dan gendang adalah salah satu jenis alat musik. Suku Sasak adalah suku yang berasal dari pulau Lombok.

Penari dari tari Gendang Beleq sejumlah 13-17 orang. Properti yang digunakan berupa gendang berukuran besar. Ukuran gendang besar bernama mama untuk laki-laki dan nina untuk perempuan. Alat musik digunakan untuk pembawa dinamika. Selain itu, ada gendang berukuran kecil yang bernama Gendang Kodeq.

Baca Juga: 8 Senjata Tradisional Sulawesi Selatan

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Neoprena.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Materi Sejarah: Deklarasi Djuanda

Kamis, 30 Juni 2022 | 16:15 WIB

Contoh Soal Biologi Bab Animalia Kelas 10

Selasa, 28 Juni 2022 | 19:22 WIB

Gerak Higroskopis dan 5 Contoh pada Tumbuhan

Selasa, 28 Juni 2022 | 16:17 WIB

Jenis-Jenis Penyerbukan pada Berbagai Tanaman

Selasa, 28 Juni 2022 | 13:59 WIB

3 Jenis Tuas dalam Pesawat Sederhana

Senin, 27 Juni 2022 | 23:32 WIB

4 Prinsip Kerja Pesawat Sederhana

Senin, 27 Juni 2022 | 21:12 WIB
X