10 Tari Tradisional Kepulauan Riau (Kepri)

- Selasa, 29 Maret 2022 | 08:40 WIB
Tari Zapin (Kepulauan Riau)
Tari Zapin (Kepulauan Riau)

Kepulauan Riau (Kepri) merupakan salah satu provinsi di daerah Sumatera. Ibukota dari Kepri berada di Tanjung Pinang. Selain itu, ada beberapa kota yang terkenal di Kepri, salah satunya adalah Batam. Kepri sebagai provinsi yang berada di wilayah Sumatera. Oleh karena itulah, tradisi dan budaya Kepri hampir mirip dengan beberapa provinsi di sekitarnya.

Kali ini, kita akan membahas tentang tari tradisional di provinsi Kepulauan Kepri. Beberapa tari tradisional dari daerah tersebut dipengaruhi oleh kebudayaan Melayu dan Islami. Simak 10 tari tradisional Kepulauan Riau berikut.

Tari Tradisional Kepulauan Riau (Kepri)

  1. Tari Dayung Sampan

Tari Dayung Sampan adalah jenis tarian yang biasanya diadakan saat upacara Tingkeban. Bagi wanita, tari ini menjadi salah satu upacara adat berbasis kearifan lokal yang sedang mengandung anak pertama kalinya dan saat usia kandungan 7 bulan. Tarian ini juga untuk memeriahkan pada acara sunatan dan acara pernikahan.

  1. Tari Gamelan

Tari Gamelan adalah jenis tari tradisional Melayu klasik yang sudah ada sejak abad ke-17, tepatnya masa Kesultanan Riau Lingga. Para penari adalah kelompok wanita. Biasanya, tari ini dipentaskan saat acara kebudayaan atau festival dan kegiatan daerah dalam memperkenalkan keberagaman budaya itu sendiri.

Baca Juga: 11 Tari Tradisional Khas Sumatera Selatan

  1. Tari Inai

Tari Inai adalah tari sakral dari Provinsi Kepulauan Riau. Tari yang bersifat sakral ini dipentaskan pada saat upacara pengantin. Properti yang digunakan adalah perlengkapan lilin. Tari ini juga tersebar di provinsi lain, seperti Jambi dan daerah Melayu lainnya.

  1. Tari Jogi

Tari Jogi merupakan tari tradisional dari Melayu dan sangat terkenal di daerah Kepri. Gerakan tarian ini mengalami perkembangan sepanjang waktu sehingga menjadi tarian adat yang bagus dan elok. Biasanya, tari Jogi ditarikan pada acara-acara besar, seperti festival kebudayaan dan acara resmi pemerintahan.

  1. Tari Mak Yong

Tari Mak Yong yaitu jenis tari teater berbentuk tarian tradisional yang berasal dari Kepri. Saat ditampilkan para penari dan pemusik menggabungkan berbagai unsur, termasuk upacara keagamaan, sandiwara, tari, musik, serta naskah yang sederhana. Properti yang digunakan penari adlaah rotan berai, parang, keris, kapak, panah, dan tongkat kayu. Konon, tari ini berasal dari Nara Yala, Thailand Selatan dan Malaysia. Salah satu makna dari tari ini adalah untuk menghibur setelah panen.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Kearifanlokal.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengenal Berbagai Macam Bidang Manajemen

Senin, 4 Juli 2022 | 20:04 WIB

Materi Sejarah: Deklarasi Djuanda

Kamis, 30 Juni 2022 | 16:15 WIB

Contoh Soal Biologi Bab Animalia Kelas 10

Selasa, 28 Juni 2022 | 19:22 WIB

Gerak Higroskopis dan 5 Contoh pada Tumbuhan

Selasa, 28 Juni 2022 | 16:17 WIB

Jenis-Jenis Penyerbukan pada Berbagai Tanaman

Selasa, 28 Juni 2022 | 13:59 WIB
X