Wali Songo: Sunan Bonang hingga Gunung Jati, Lengkap dengan Nama Asli, Dakwah dan Sejarah Penyebaran Islam

- Selasa, 5 April 2022 | 06:57 WIB
Ilustrasi wali songo yang merupakan tokoh penyebar agama Islam di daerah Jawa
Ilustrasi wali songo yang merupakan tokoh penyebar agama Islam di daerah Jawa

Wali songo adalah Sembilan tokoh penyebar agama Islam yang populer di wilayah Jawa dan sekitarnya pada abad ke-14. Pada dasarnya, orang-orang mengenal tokoh penyebar agama Islam karena wilayah dakwah masing-masing tokoh. Antara lain, Sunan Ampel, Sunan Bonang, Sunan Gresik, Sunan Giri, Sunan Drajat, Sunan Gunung Jati, Sunan Kudus, Sunan Muria, dan Sunan Kalijaga.

Para wali songo itu pun memiliki nama asli , yang mungkin sebagian besar orang tidak mengetahuinya secara jelas. Namun, itu tidak mengurangi kualitas dakwah mereka kepada orang-orang di wilayah dakwah tersebut. Panggilan seperti Sunan Ampel, Sunan Bonang, Sunan Gresik, Sunan Giri, Sunan Drajat, Sunan Gunung Jati, Sunan Kudus, Sunan Muria, dan Sunan Kalijaga itu bertujuan, salah satunya, adalah memudahkan orang-orang menyebut dan mengenal mereka.

Meski begitu, orang-orang semestinya juga mengetahui nama asli dan lengkap para wali songo. Adapun sebutan wali lima yang mencakup Sunan Ampel, Sunan Giri, Sunan Gresik, Sunan Drajat, dan Sunan Bonang.

Sunan Ampel terkenal berdakwah dan menyebarkan agama Islam di Surabaya, Sunan Drajat di Lamongan, sedangkan Sunan Bonang di Tuban, Jawa Timur. Ada pula Sunan Kalijaga berdakwah di Demak, sedangkan Sunan Gunung Jati di pesisir Cirebon.

Berikut ini nama asli dan lengkap serta sejarah dakwah para wali songo:

1. Sunan Gresik

Nama asli Sunan Gresik adalah Maulana Malik Ibrahim. Beliau pun memiliki nama julukan, yaitu Syekh Maghribi. Tak hanya dua panggilan tersebut, beliau juga populer dengan sebutan Makhdum Ibrahim Al Samarqandi, dan orang Jawa menyebut beliau sebagai Asmorokondi.

Adapun sebutan Syekh Maghribi menisbahkan asal keturunannya dari Maghrib atau Maroko, Afrika Utara. Sunan Gresik pun bukanlah orang asli Indonesia, tapi beliau berasal dari Champa atau Kamboja.

Konon, Sunan Gresik adalah wali songo yang pertama kali menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Sunan Gresik pun semangat tinggi dalam menyebarkan agama Islam pada abad ke-14.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

Mengenal Berbagai Macam Bidang Manajemen

Senin, 4 Juli 2022 | 20:04 WIB

Materi Sejarah: Deklarasi Djuanda

Kamis, 30 Juni 2022 | 16:15 WIB

Contoh Soal Biologi Bab Animalia Kelas 10

Selasa, 28 Juni 2022 | 19:22 WIB

Gerak Higroskopis dan 5 Contoh pada Tumbuhan

Selasa, 28 Juni 2022 | 16:17 WIB

Jenis-Jenis Penyerbukan pada Berbagai Tanaman

Selasa, 28 Juni 2022 | 13:59 WIB
X