11 Tari Tradisional Khas Yogyakarta

- Sabtu, 16 April 2022 | 21:33 WIB
Malioboro Yogyakarta
Malioboro Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta atau disingkat DIY adalah provinsi yang memiliki keistimewaan dengan adanya keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Wilayah ini terkenal dengan berbagai sebutan, seperti kota pendidikan, kota pariwisata, kota budaya, dan kota seni. Julukan kota seni pantas disematkan kepada Jogja karena banyaknya seni budaya, seperti tari tradisional, lagu khas, dan berbagai seni khas lainnya.

Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas tentang tari tradisional yang berasal dari Yogyakarta. Daerah ini terkenal dengan kentalnya masyarakat untuk melestarikan seni khas wilayahnya. Nah, simak 11 tari tradisional khas Yogyakarta berikut ini.

Tari Tradisional Khas Yogyakarta

  1. Tari Angguk

Tari Angguk merupakan tari tradisional Yogyakarta yang berbentuk tarian disertai dengan pantun-pantun rakyat yang berisi tentang kehidupan manusia, seperti budi pekerti, tata krama serta nasihat-nasihat. Dalam tarian ini diiringi dengan nyanyian berupa kata-kata yang diambil dalam kitab yang bertuliskan huruf Arab yaitu kitab Tlodo, dan dilagukan dengan lagam jawa. Nyanyian tersebut dinyanyikan secara bergantian antara penari dan pengiring musik.

  1. Tari Arjuna Wiwaha

Tari Arjuna Wiwaha adalah tari tradisional Yogyakarta yang dipentaskan di keraton. Tarian ini menceritakan tentang Arjuna yang sedang bertapa di Indrakila. Ketika sedang bertapa, dia mendapatkan godaan, yaitu dikirimnya bidadari-bidadari cantik oleh Indra. Namun, Arjuna tidak tergoda Arjuna dalam pertapaannya.

Baca Juga: 10 Tari Tradisional Sulawesi Selatan

Akhirnya Indra sendri yang datang menyamar sebagai seorang Brahmana yang tua renta. Mereka berdiskusi begitu lama hingga Indra pun menunjukan jati asli dirinya. Setelah itu, Arjuna mendapatkan tugas untuk membunuh Niwatakawaca (seorang raksasa) yang menganggu kahyangan. Arjuna berhasil mengalahkan Niwatakawaca dan oleh para Dewa diberikan hadiah boleh menikahi tujuh bidadari tadi.

  1. Tari Beksan Srikandi Suradewati

Tari Beksan Srikandi Suradewati adalah tarian Yogyakarta yang diambil dari serat Mahabrata. Tari ini menceritakan tentang peperangan antara Dewi Suradewati dan Dewi Srikandhi. Suradewati sendiri merupakan adik dari Prabhu Dasalengkara yang ingin menjadikan Dewi Siti Sendari sebagai istrinya, maka diutuslah Dewi Suradewati untuk melamarkan Prabu Dasalengkara.

  1. Tari Golek Ayun-Ayun

Tari Golek Ayun-Ayun

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Pararam.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jenis-Jenis Daun Beserta Contoh Tanamannya

Selasa, 5 Juli 2022 | 20:41 WIB

Cara Kerja Tuas dan Rumus Hitungnya

Selasa, 5 Juli 2022 | 19:19 WIB

Contoh Soal Tuas (Pengungkit) dan Pembahasannya

Selasa, 5 Juli 2022 | 16:11 WIB

Mengenal Berbagai Macam Bidang Manajemen

Senin, 4 Juli 2022 | 20:04 WIB

Materi Sejarah: Deklarasi Djuanda

Kamis, 30 Juni 2022 | 16:15 WIB
X