Rumus Luas Permukaan dan Volume 8 Jenis Bangun Ruang

- Minggu, 17 April 2022 | 19:33 WIB
Ilustrasi sifat dan rumus bangun ruang
Ilustrasi sifat dan rumus bangun ruang

Dalam kehidupan sehari-hari, kita menemukan banyak sekali bentuk 3 dimensi, seperti rumah, botol minuman, bis, gelas, atap rumah, dan berbagai hal lainnya. Secara singkat, bentuk 3 dimensi adalah bentuk yang memiliki tiga ukuran atau sisi, yaitu panjang, lebar, dan tinggi. Coba perhatikan, apakah contoh-contoh yang telah disebutkan memiliki panjang, lebar, dan tinggi? Untuk memahami lebih dalam tentang bangun ruang, simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Bangun Ruang

Dalam mata pelajaran matematika, bangun ruang adalah bentuk bangun (struktur objek) di ruang 3 dimensi yang dapat diukur bagian-bagiannya dalam koordinat kartesius di R³, yaitu sumbu-x, sumbu-y, dan sumbu-z. Jadi, dapat disimpulkan bahwa bangun ruang merupakan objek yang diukur berdasarkan 3 variabel yaitu: panjang (x), lebar (y), dan tinggi (z).

Karena bangun ruang berada di ruang 3 dimensi, bentuk ini memiliki volume dan luas permukaan. Bangun ruang dapat diukur melalui koordinat x, y, z di R³ dan memiliki volume, luas permukaan, serta jaring-jaring. Pengukuran bangun ruang menggunakan jarak antar titik di R³. Berikut penjelasan masing-masing rumus.

  1. Volume bangun ruang adalah banyaknya isi ruang yang digunakan oleh suatu bangun dan disimbolkan dengan huruf V. Satuan yang digunakan yaitu satuan volume, misalnya liter, ml, meter kubik; misalnya dm³ dan cm³.
  2. Luas permukaan bangun ruang adalah total seluruh luas yang menutupi isi suatu bangun ruang dan disimbolkan dengan huruf L. Luas permukaan suatu bangun ruang ditentukan oleh jaring-jaring-nya. Satuan yang digunakan yaitu satuan luas, misalnya are, hektar, m², dan cm².
  3. Jaring-jaring bangun ruang adalah bentuk 2-D yang dapat dilipat-lipat hingga membentuk suatu bentuk bangun ruang 3-D. Luas keseluruhan bangun 2-D pada jaring-jaring sama dengan luas permukaan suatu bangun ruang.

Rumus Volume dan Luas 8 Jenis Bangun Ruang

Dalam matematika, bangun ruang dapat dibagi menjadi 8 jenis. Agar kamu lebih paham, berikut rumus volume dan luas dari semua jenis bangun ruang.

  1. Kubus

Ilustrasi kubus

Kubus adalah bangun ruang 3 dimensi yang tersusun dari 6 persegi. Jadi, dalam hal ini kita akan menggunakan simbol ‘s’ yang berarti sisi kubus. Berikut rumus volume dan luas permukaan kubus.

  • Volume (V) = s x s x s
  • Luas permukaan (L) = 6 x s x s

Baca Juga: Penjelasan tentang Ciri-Ciri, Rumus dan Contoh Soal Persegi

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Advernesia.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nama Ruangan dan Tempat Umum dalam Bahasa Inggris

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:54 WIB

Cara Menulis Abstrak Dalam Karya Ilmiah

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:51 WIB

Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Jepang

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:48 WIB

Apresiasi: Pengertian dan Fungsinya

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:14 WIB

Memahami Mitologi Di Belahan Dunia

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:11 WIB

Mengenal Proses Terjadinya Banjir

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:10 WIB
X