25 Jenis-Jenis Kain Bahan Pakaian

- Selasa, 19 April 2022 | 13:45 WIB
Jenis-jenis kain
Jenis-jenis kain

Kain termasuk ke dalam kebutuhan primer manusia, yaitu sandang. Nah, sandang sendiri memiliki fungsi masing-masing tergantung dengan kondisi. Contohnya, kita yang tinggal di wilayah tropis, memilih kain yang dapat menyerap keringat. Sebab, cuaca di Indonesia sangat panas. Lalu, ketika musim dingin di daerah subtropis, mereka akan mencari bahan yang lebih tebal.

Hal inilah yang membuat manusia untuk menciptakan berbagai jenis kain. Setiap jenis kain memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Setiap kain memiliki kegunaan yang berbeda satu sama lain. Walaupun setiap jenisnya bisa dijadikan pakaian, kamu akan mendapatkan sensasi yang berbeda pada tiap bahan.

Nah, untuk membantumu memahami setiap jenis kain, simak artikel berikut yang dilansir dari Liputan6.com.

  1. Katun (Cotton)

Kain katun adalah kain yang banyak digunakan sebagai bahan pakaian, terutama di musim panas atau di lingkungan tropis. Katun berasal dari serat alami tanaman kapas. Kata katun sendiri adalah bagian tanaman kapas yang dipintal menjadi benang dan kemudian ditenun untuk membuat kain yang lembut dan tahan lama. Biasanya, kain jenis ini digunakan untuk bahan pakaian sehari-hari dan barang-barang rumah tangga.

Baca Juga: Nama-Nama Pakaian Adat Khas dari 34 Provinsi di Indonesia yang Harus Kamu Ketahui

  1. Drill

Kain drill adalah kain yang menyerupai katun. Perbedaan keduanya, yaitu kain drill lebih tebal dibanding katun atau linen. Kain ini terbuat dari pencampuran serat tetoron, rayon, dan polyester. Bahan ini dapat digunakan menjadi celana, culotte, atau rok.

  1. Rayon

Kain rayon

Kain rayon memiliki tekstur yang sedikit licin, mengilap, dan jatuh saat dikenakan. Kelebihan kain ini adem dan mudah sekali menyerap keringat.

  1. Viscose

Viscose adalah jenis kain rayon semisintetis yang terbuat dari bubur kayu yang digunakan sebagai bahan pengganti sutra. Viscose adalah kain mirip sutra dengan harga yang jauh lebih murah untuk diproduksi. Kain ini dapat dijahit menjadi blus, gaun, dan jaket.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Liputan6, Gramedia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengenal Berbagai Macam Bidang Manajemen

Senin, 4 Juli 2022 | 20:04 WIB

Materi Sejarah: Deklarasi Djuanda

Kamis, 30 Juni 2022 | 16:15 WIB

Contoh Soal Biologi Bab Animalia Kelas 10

Selasa, 28 Juni 2022 | 19:22 WIB

Gerak Higroskopis dan 5 Contoh pada Tumbuhan

Selasa, 28 Juni 2022 | 16:17 WIB

Jenis-Jenis Penyerbukan pada Berbagai Tanaman

Selasa, 28 Juni 2022 | 13:59 WIB
X