RAA Thawalib Padang Panjang Berbagi Takjil di Bulan Ramadhan

- Jumat, 22 April 2022 | 12:54 WIB
RAA Thawalib Padang Panjang memberikan takjil untuk berbuka puasa
RAA Thawalib Padang Panjang memberikan takjil untuk berbuka puasa

PADANG PANJANG - Sekolah Raudatul Athfal Al-Quran (RAA) Thawalib Padang Panjang memberikan takjil untuk berbuka puasa di bulan Ramadhan 1443 H.

Pemberian takjil dilakukan di sejumlah lokasi seperti di depan lokasi sekolah di Jalan H Agus Salim, di depan kampus Thawalib Putra di Jalan Abd Hamid Hakim kota Padang Panjang sampai di lokasi di daerah Paninjauan, Kab. Tanah Datar.

Pemberian takjil untuk berbuka puasa pada Kamis (21/4/2022) langsung oleh para murid RAA Thawalib yang didampingi majelis guru dan para wali murid.

Sebanyak 450 bungkus takjil yang sudah dipersiapkan langsung diberikan kepada masyarakat yang tengah melewati ruas jalan di lokasi lokasi yang telah ditetapkan.

Kepala Sekolah RAA Thawalib Ernita, S.Pd.I, Jumat (22/4/2022) di Padang Panjang mengatakan, kegiatan berbagi takjil merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan RAA Thawalib selama bulan puasa. "Karena selama bulan puasa tetap dilaksanakan kegiatan proses belajar mengajar, maka salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah berbagi takjil,"ujarnya.
Kegiatan berbagi takjil tersebut, papar Ernita adalah sebagai wahana berlatih dan memiliki nilai edukasi bagi anak anak RAA Thawalib yang berusia 5-6 tahun.

Dengan kegiatan tersebut para anak anak diajarkan untuk berbagi terutama untuk takjil buka puasa bagi masyarakat.

"Kita ingin berikan pengajaran kepada anak anak tentu perlunya berbagi terutama di bulan puasa, karena selain ada nilai ibadahnya juga hal ini memiliki pesan pendidikan yakni tentan kepeduliaan dalam berbagi,"jelasnya.

Seluruh murid RAA Thawalib sejak Kamis sore telah disebar di sejumlah lokasi untuk melakukan pembagian takjil. Para murid RAA yang didampingi majels guru dan wali santri turun langsung menemui para masyarakat yang melintasi beberapa lokasi baik dengan kendaraan mobil, sepeda motor maupun yang berjalan kaki.
Takjil yang sudah disiapkan dalam bentuk bungkusan langsung dibawa dan dibagikan oleh para anak anak RAA Thawalib kepada masyarakat. Dengan tetap memperhatikan keselamatan terutama di jalan raya, pemberian takjil tersebut mendapat perhatian khusus dari majelis guru yang mendampingi.

Nilai Pendidikan

Ketua Umum Yayasan Thawalib Dr. Abrar, M.Ag mengatakan, kegiatan berbagi takjil yang dilaksanakan murid murid RAA Thawalib mengandung pesan pendidikan positif dan juga memiliki nilai pendidikan. Sebab, para murid murid RAA langsung melakukan aktifitas pemberian takjil kepada masyarakat.
"Ini suatu kegiatan yang memiliki makna luar biasa bagi murid murid RAA Thawalib yang berusia 5-6 tahun. Sebuah nilai nilai pendidikan yang diajarkan melalui kegiatan yang nyata dan dilaksanakan langsun oleh murid murid RAA Thawalib," kata Abrar.
RAA Thawalib adalah salah satu unit sekolah yang dikelola dibawah Yayasan Thawalib Padang Panjang. Unit RAA Thawalib memiliki kampus pendidikan tersendiri lengkap sarana pendidikan dan sarana bermain dengan lokasi yang strategis dan aman. Kemudian juga ada masjid di dalam lingkungan sekolah tersebut.
Muatan pendidikan di RAA Thawalib selain pengajaran pengetahuan umum, juga pengajaran terhadap agama. Beragai materi berisikan tentang pengajaran tentang Islam disampaikan termasuk membaca dan menghafal al-Quran.
Selain itu, edukasi kepada murid murid RAA Thawalib dilaksanakan dalam bentuk kunjunan edukasi ke berbagai tempat. Kunjungan edukasi ini sekaligus juga memberikan pengajaran bagi murid RAA Thawalib.
Saat ini, RAA Thawalib Padang Panjang masih membuka pendaftaran gelombang kedua sampai bulan Mei 2022. Jumlah murid RAA Thawalib yang diterima dibatasi sesuai kouta yang tersedia.(*(

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Tags

Terkini

Pengertian, Unsur dan Fungsi Sejarah

Rabu, 22 Juni 2022 | 11:25 WIB

Unsur, Rumus dan Contoh Soal Lingkaran

Rabu, 22 Juni 2022 | 10:37 WIB

Apa Hukum Kekekalan Massa Dan Siapa Penemunya?

Rabu, 22 Juni 2022 | 03:14 WIB

Apa Yang Dimaksud Dengan Suksesi Ekologi?

Rabu, 22 Juni 2022 | 01:00 WIB
X