Pengertian dan Fungsi Bruto serta Pendapatan Bruto

- Selasa, 26 April 2022 | 22:06 WIB
Ilustrasi bruto dan pendapatan bruto (Ruswanti)
Ilustrasi bruto dan pendapatan bruto (Ruswanti)

Pernahkah kamu mendengar istilah berat kotor? Berat kotor dalam perhitungan matematika dan ekonomi disebut dengan bruto. Biasanya, istilah ini juga diikuti kata netto (berat bersih) dan tara (berat kemasan). Secara umum, bruto merupakan berat kotor yang didapatkan dari netto ditambah tara.

Dalam ekonomi suatu negara, bruto dapat dijadikan sebagai tolok ukur pertumbuhan ekonomi bangsa. Hubungan keduanya terletak di produk keseluruhan nasional didorong aktivitas ekonomi penduduknya. Alat ukur dari bruto ini dinamai Produk Nasional Bruto (PNB) dan Produk Domestik Bruto (PDB). Untuk penjelasan lebih lanjut, simak artikel berikut ini.

Pengertian Bruto

Ilustrasi bruto dalam makanan cepat saji (Ruswanti)

Bruto adalah berat kotor. Berat kotor jarang atau tidak dituliskan di dalam suatu kemasan. Biasanya, nilai netto yang dituliskan dalam produk. Netto berarti berat bersih. Selain netto, istilah lain yang harus diketahui adalah tara. Tara merupakan berat kemasan produk. Netto ditambah tara menghasilkan bruto.

Dalam bidang ekonomi, berikut penjelasan tentang istilah PDB (Produk Domestik Bruto) dan PNB (Produk Nasional Bruto).

  1. PDB (Produk Domestik Bruto) atau Gross Domestic Productmerupakan nilai barang atau jasa yang dibuat dalam suatu kawasan dalam kurun waktu tertentu. Aspek yang terdapat dalam perhitungan GDP, antara lain konsumsi pemerintah, nilai ekspor, nilai impor, konsumsi investor, upah, bunga modal, profit, dan konsumsi perusahaan. PDB terbagi menjadi dua jenis, yakni harga tetap (riil) serta harga berlaku (nominal).
  • PDB riil adalah total harga barang yang dibuat negara serta diberi nilai sesuai dengan harga yang berlaku pada kurun waktu tertentu.
  • PDB nominal kurang lebih sama dengan riil. Namun penilaiannya dilakukan atas harga yang berlaku saat penetapan harga.
  1. PNB (Produk Nasional Bruto) atau Gross National Product adalah total nilai barang dan jasa yang dibuat penduduk di dalam maupun luar negeri. Pengukurannya berdasarkan berbagai faktor, misalnya PDB yang dihasilkan WNI atau WNA.

Fungsi Bruto

Berikut fungsi dari nilai bruto melansir dari Modalrakyat.id.

  1. Indikator Kegiatan Produksi

Bruto bermanfaat dalam menghitung nilai tambah kegiatan produksi. Banyaknya bruto memperlihatkan nilai balas jasa dari faktor-faktor produksi.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: modalrakyat.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nama Ruangan dan Tempat Umum dalam Bahasa Inggris

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:54 WIB

Cara Menulis Abstrak Dalam Karya Ilmiah

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:51 WIB

Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Jepang

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:48 WIB

Apresiasi: Pengertian dan Fungsinya

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:14 WIB

Memahami Mitologi Di Belahan Dunia

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:11 WIB

Mengenal Proses Terjadinya Banjir

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:10 WIB
X