Pengertian, Struktur dan Contoh Pantun dalam Bahasa Indonesia

- Senin, 2 Mei 2022 | 00:17 WIB
Ilustrasi pantun (Ruswanti)
Ilustrasi pantun (Ruswanti)

Masyarakat Indonesia memiliki banyak pengaruh budaya dari suku-suku yang mendiami, seperti suku Melayu. Suku Melayu sendiri merupakan salah satu suku yang dominan di Indonesia. Salah satu pengaruh dari kebudayaan Melayu bagi bangsa Indonesia adalah kegemaran untuk melontarkan pantun. Apa itu pantun? Melansir dari Gramedia.com, simak penjelasan tentang pantun berikut ini.

Pengertian Pantun

Pantun adalah puisi lama dan bentuk karya sastra yang terikat dengan aturan. Kata pantun berasal dari bahasa Minangkabau yang artinya penuntun. Namun, karya seni ini juga banyak ditemukan di suku dan daerah lain dengan nama yang berbeda. Di suku Jawa, pantun bernama parikan. Di daerah suku Sunda, pantun disebut paparikan. Di suku lain, seperti suku Batak, mereka menyebut pantun sebagai umpasa.

Pada zaman dahulu, pantun merupakan bentuk sastra lisan dan biasa digunakan oleh masyarakat untuk berbalas pantun atau pentas seni, seperti tari tradisional. Hal inilah yang mengakibatkan pantun bersifat anonim. Karena, penyebaran pantun dilakukan dari mulut ke mulut.

Sekarang, pantun juga dapat dijumpai dalam bentuk tulisan. Pantun dalam bentuk tulisan telah dikumpulkan oleh sastrawan asal Riau bernama Haji Ibrahim Datuk Kaya Muda Riau. Dia membukukan sastra lisan dalam antologi pantun yang berjudul “Perhimpunan Pantun-Pantun Melayu”.

Pengertian Pantun Menurut Para Ahli

Selain pengertian di atas, simak beberapa pengertian pantun menurut para ahli berikut ini.

  1. Abdul Rani (2006:23)

Pantun merupakan karya sastra dengan bentuk sebagai berikut.

  • Terdiri dari 4 baris
  • Tiap baris terdiri dari 9-10 kata
  • 2 baris pertama disebut sampiran, sementara 2 baris berikutnya disebut isi pantun
  1. Fang (1993:95)

Pantun muncul pertama kali dalam sejarah melayu. Pantun terdapat dalam beberapa hikayat-hikayat yang melegenda. Pantun serupa karma dari kata parik dalam bahasa Jawa. Parik sendiri artinya pari atau paribahasa. Dalam bahasa melayu peribahasa. Sementara di India sendiri pantun serupa Umpama atau Seloka.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Gramedia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Cerita Dongeng Anak yang Memuat Nilai Moral

Rabu, 17 Agustus 2022 | 13:56 WIB

3 Cerita Legenda Indonesia yang Populer

Rabu, 17 Agustus 2022 | 09:40 WIB

Cerita Dongeng: Jenis, Ciri, dan Fungsinya

Senin, 15 Agustus 2022 | 21:31 WIB

4 Cerita Dongeng Pendek tentang Hewan (Fabel)

Senin, 15 Agustus 2022 | 20:12 WIB

Desain Grafis: Pengertian, Jenis-Jenis, Dan Fungsinya

Senin, 15 Agustus 2022 | 15:59 WIB
X