Pengertian dan Jenis-Jenis Nada

- Senin, 9 Mei 2022 | 17:29 WIB
Ilustrasi nada dalam musik (Ruswanti)
Ilustrasi nada dalam musik (Ruswanti)

Pernahkah bernyanyi? Pasti pernah, kan? Sejak kecil kita sudah diajarkan untuk bernyanyi. Bernyanyi merupakan salah satu cara pembelajaran sederhana kepada anak-anak. Nah, saat kita menyanyikan sebuah lagu, kita harus mengenal nada. Apa itu nada?

Pengertian Nada

Secara bahasa, nada atau tone berarti sebuah bunyi dengan frekuensi tunggal dan normal atau suara yang tersusun sangat beraturan. Secara istilah, nada merupakan suatu bunyi yang beraturan dan memiliki frekuensi tertentu. Nada adalah unsur utama yang membuat irama lagu jadi lebih indah serta harmonis.

Selain itu, para musisi juga memiliki istilah lain untuk nada, yaitu not. Padahal, dua unsur di dalam musik ini memiliki sedikit perbedaan di dalam pengertiannya. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), not merupakan tanda nada tertentu pada musik, atau bunyi musik dengan suatu frekuensi dasar.

Dalam teori musik, nada digunakan sebagai penanda tinggi rendahnya bunyi. Susunan nada dapat berpengaruh terhadap harmonisasi sebuah lagu, kekhasan suara, dan lain sebagainya. Peran nada akan menentukan seberapa pas ritme pada proses terciptanya suatu karya musik. Selain di bidang musik, penerapan nada sebenarnya bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Nada adalah sebuah bunyi beraturan yang memiliki frekuensi tunggal tertentu.

Pengertian Tangga Nada

Setelah kita mengenal nada, kita akan mengenal tangga nada. Tangga nada merupakan tingkatan nada berdasarkan frekuensinya. Setiap lagu memiliki unsur musik berupa irama yang indah dengan tangga nada bervariasi.

Selain itu, tangga nada juga dapat diartikan sebagai deretan nada disusun berjenjang. Pada tangga nada kita akan menemukan jarak antara nada satu dengan yang lain. Jarak di tangga nada bervariasi, seperti 1/2, 1, 1 1/2, dan 2.

Tangga nada pada genre musik sangat beragam, untuk musik tradisional di Indonesia umumnya didominasi oleh tangga nada pentatonis. Selain Indonesia, jenis tangga nada ini juga ditemukan di musik tradisional negara lain di benua Asia, seperti Jepang dan Cina. Tangga nada pentatonis adalah susunan tangga nada yang memiliki lima nada berbeda. Bunyi irama tangga nada pentatonis bisa didengar lewat alunan melodi musik gamelan, dengan tangga nada pelog dan tangga nada slendro.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: katadata.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Jenis Tuas dalam Pesawat Sederhana

Senin, 27 Juni 2022 | 23:32 WIB

4 Prinsip Kerja Pesawat Sederhana

Senin, 27 Juni 2022 | 21:12 WIB
X