Perbedaan Pahlawan Nasional, Pahlawan Kebangkitan Nasional dan Pahlawan Revolusi Beserta Contoh Pahlawan

- Kamis, 12 Mei 2022 | 21:48 WIB
Ir. Soekarno (Ruswanti)
Ir. Soekarno (Ruswanti)

Indonesia telah menghadapi berbagai perlawanan dari luar maupun dalam negeri. Seperti yang kita ketahui, Indonesia telah dijajah oleh Belanda selama kurang lebih 3 abad. Selama penjajahan tersebut, pemimpin beserta rakyat Indonesia melakukan perlawanan kepada Belanda. Setelah merdeka, kita mengenal adanya istilah G30/S. Kejadian tersebut adalah perlawan dari kelompok PKI (Partai Komunis Indonesia) yang berasal dari dalam negeri.

Nah, melansir dari Tempo.co, kita akan mempelajari perbedaan dari beberapa istilah pahlawan. Secara umum, pahlawan sendiri terbagi menjadi 3, yaitu Pahlawan Nasional, Pahlawan Kebangkitan Nasional, dan Pahlawan Revolusi. Berikut penjelasan masing-masing istilah pahlawan tersebut.

  1. Pahlawan Nasional

Pahlawan Nasional adalah gelar yang diberikan kepada Warga Negara Indonesia atau seseorang yang berjuang melawan penjajahan di wilayah yang sekarang menjadi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang gugur atau meninggal dunia demi membela bangsa dan negara, atau yang semasa hidupnya melakukan tindakan kepahlawanan atau menghasilkan prestasi dan karya yang luar biasa bagi pembangunan dan kemajuan bangsa dan negara Republik Indonesia, berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009.

Gelar tersebut juga diberikan kepada tokoh yang semasa hidupnya melakukan tindakan kepahlawanan atau menghasilkan prestasi dan karya yang luar biasa bagi pembangunan dan kemajuan bangsa dan negara Republik Indonesia.

  1. Pahlawan Kebangkitan Nasional

Pahlawan kebangkitan nasional adalah masa dimana bangkitnya rasa dan semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia, yang sebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan Belanda dan Jepang. Masa ini ditandai dengan dua peristiwa penting yaitu berdirinya Boedi Oetomo (20 Mei 1908) dan ikrar Sumpah Pemuda (28 Oktober 1928).

  1. Pahlawan Revolusi

Pahlawan Revolusi atau refolusioner adalah gelar yang diberikan kepada sejumlah perwira militer yang gugur dalam tragedi G30S yang terjadi di Jakarta dan Yogyakarta pada tanggal 30 September 1965. Sejak berlakunya Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2009, gelar ini diakui juga sebagai Pahlawan Nasional.

Gelar Pahlawan revolusi dianugerahkan kepada perwira militer yang gugur dalam peristiwa Gerakan 30 September tahun 1965 di Jakarta dan Yogyakarta. Gelar Pahlawan Revolusi diberikan pemerintah Indonesia pada Oktober 1965 melalui Keputusan Presiden.

Berkat jasa para pahlawan nasional Indonesia, negara kita dapat menyatakan kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945. Merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi dari pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya membela kebenaran.

Daftar Pahlawan Nasional Indonesia

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Jenis Tuas dalam Pesawat Sederhana

Senin, 27 Juni 2022 | 23:32 WIB

4 Prinsip Kerja Pesawat Sederhana

Senin, 27 Juni 2022 | 21:12 WIB
X