Bercita-cita Jadi Pilot? Inilah Pendidikan yang Harus Ditempuh

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 13:19 WIB
Pilot wanita Garuda Melinda Alfred (Instagram @melindaalfred)
Pilot wanita Garuda Melinda Alfred (Instagram @melindaalfred)

HARIANHALUAN - Berprofesi sebagai pilot menjadi impian bagi banyak orang. Tidak hanya oleh laki-laki, menjadi pilot pesawat terbang juga diimpikan oleh kaum perempuan.

Namun, sebelum berhasil menjadi seorang pilot dengan jam terbang tinggi, ada berbagai pendidikan yang wajib ditempuh.

Selama ini, pendidikan bagi para calon pilot dikenal sangat sulit dan mahal. Alfonsus Krisjulianto, seorang First Officer di sebuah maskapai mengungkapkan, pintar secara akademis saja tidak cukup jika ingin menjadi pilot.

Baca Juga: Terima Kabar Pilot Paralayang Ditemukan, Bupati Agam Segera Pantau Kondisi Korban

Banyak tes yang harus dilalui calon penerbang. Mulai dari psikologis hingga psikomotorik. Di Indonesia sendiri, ada 3 sekolah pilot yang menjadi primadona.

Ketiganya adalah BIFA (Bali International Flight Academy), ATKP (Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan), dan STPI (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia) Curug. Untuk lama pendidikan, umumnya berdurasi 1-2 tahun. Hal itu tergantung pada lisensi yang diambil.

Baca Juga: Hilang Lebih dari 24 Jam, Pilot Paralayang yang Jatuh di Puncak Lawang Ditemukan Dalam Kondisi Lemas

Menurut laman resmi BIFA melalui Okezone.com, calon siswa pendidikan pilot yang bisa mengikuti seleksi adalah mereka yang berusia 18 tahun dan minimal sudah lulus SMA. Tinggi badan minimal adalah 165 cm dengan berat badan proporsional. Peserta wajib membayar uang pendaftaran sebesar Rp750 ribu

Proses seleksi yang harus dilalui adalah pemeriksaan kesehatan, tes psikologi, penilaian kecakapan bahasa Inggris, dan wawancara tahap akhir.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Okezone.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

28 SMK Negeri di Sumbar Bertransformasi Jadi BLUD

Kamis, 29 September 2022 | 06:14 WIB
X