Sejarah Wayang Kulit Warisan Budaya Khas Indonesia

- Selasa, 17 Mei 2022 | 10:23 WIB
Pementasan wayang kulit (Ruswanti)
Pementasan wayang kulit (Ruswanti)

Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya, kesenian maupun sastranya. Hal inilah yang memicu bangsa kita untuk terus melestarikan serta mempromosikan budaya ke luar negeri. Nah, kali ini kita akan membahas tentang salah satu budaya Indonesia, yaitu wayang yang telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity pada tanggal 7 November 2003. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut yang dilansir dari Tribunnews.com.

Pengertian Wayang Kulit

Wayang kulit Werkudara (Ruswanti)

Wayang kulit merupakan kesenian daerah yang tumbuh dan berkembang di Indonesia, terutama di Pulau Jawa. Istilah ‘wayang’ berasal dari kata ‘ma Hyang’, yang berarti menuju spiritualitas Sang Kuasa, seperti yang tertulis dalam laman Sistem Informasi Pangauban.

Melansir dari KBBI, wayang adalah boneka tiruan orang yang terbuat dari pahatan kulit atau kayu dan sebagainya yang dapat dimanfaatkan untuk memerankan tokoh dalam pertunjukan drama tradisional (Bali, Jawa, Sunda, dan sebagainya), biasanya dimainkan oleh seseorang yang disebut dalang.

Kesenian wayang masuk dalam Daftar Representatif Warisan Budaya Takbenda dari Kemanusiaan yang berasal dari Indonesia pada 2008, yang ditetapkan oleh Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO).

Ada juga yang mengartikan kata "Wayang" sebagai teknik pertunjukan yang mengandalkan bayangan (bayang/wayang) di layar.

Wayang purwa atau wayang kulit adalah wayang yang berbahan dasar kulit kerbau. Dikutip dari laman Kemdikbud, wayang purwa di ciptakan oleh Prabu Jayabaya dengan gelar Arum Gandaning Brahmana. Saat itu, Prabu Jayabaya ingin membuat wayang purwa karena senang pada cerita dan riwayat para nenek moyangnya, tercantum dalam serat Pustakaraja Purwa.

Baca Juga: Inilah 5 Tokoh Wayang Kulit yang Terkenal

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Tribun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Materi Sejarah: Deklarasi Djuanda

Kamis, 30 Juni 2022 | 16:15 WIB

Contoh Soal Biologi Bab Animalia Kelas 10

Selasa, 28 Juni 2022 | 19:22 WIB

Gerak Higroskopis dan 5 Contoh pada Tumbuhan

Selasa, 28 Juni 2022 | 16:17 WIB

Jenis-Jenis Penyerbukan pada Berbagai Tanaman

Selasa, 28 Juni 2022 | 13:59 WIB

3 Jenis Tuas dalam Pesawat Sederhana

Senin, 27 Juni 2022 | 23:32 WIB

4 Prinsip Kerja Pesawat Sederhana

Senin, 27 Juni 2022 | 21:12 WIB
X