Pengertian, Rumus dan Contoh Soal Simpangan Baku dalam Matematika

- Rabu, 18 Mei 2022 | 08:44 WIB
Simpangan Baku (Ruswanti)
Simpangan Baku (Ruswanti)

Statistik adalah salah satu cabang dari matematika. Statistik merupakan kesimpulan fakta berbentuk bilangan yang disusun dalam beragam bentuk untuk menggambarkan suatu hal maupun kejadian atau peristiwa. Statistik juga bisa melambangkan ukuran dari sekumpulan data, dan wakil dari data tersebut.

Menurut KBBI, data merupakan keterangan yang benar dan nyata. Data sendiri berasal dari bahasa Latin dan bentuk jamak dari datum. Data yang diperoleh dari hasil pengamatan akan disusun dan disajikan dalam bentuk bilangan-bilangan pada sebuah diagram, daftar, tabel, dan hal tersebut dinamakan dengan statistik.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang simpangan baku dalam matematika. Berikut penjelasan lebih rinci yang dilansir dari Gurubelajarku.com.

Pengertian Simpangan Baku

Simpangan baku menjelaskan tentang homogenitas dari sebuah data kelompok. Simpangan ini merupakan nilai statistik yang digunakan untuk menentukan bagaimana sebaran data dalam sampel, serta seberapa dekat titik data individu ke mean (rata-rata nilai) dari sampelnya. Nilai simpangan baku dari kumpulan data bisa = 0, lebih besar, atau lebih kecil dari nol (0). Jika simpangan baku = 0, maka semua nilai yang ada dalam himpunan tersebut adalah sama. Sedangkan, jika nilai simpangan baku lebih besar atau lebih kecil dari nol menandakan bahwa titik data individu jauh dari nilai rata-rata.

Baca Juga: Matematika: Mean, Median, Modus dalam Ukuran Pemusatan Data

Cara Mencari Nilai Simpangan Baku

  1. Menghitung nilai rata-rata dari setiap titik data yang ada. Nilai rata-rata sama dengan jumlah dari setiap nilai yang ada dalam kumpulan data. Kemudian, kita bagi dengan jumlah total titik dari data tersebut.
  2. Menghitung penyimpangan untuk setiap titik data dari rata-ratanya, yaitu dengan cara mengurangi nilai dari nilai rata-rata.
  3. Simpangan setiap titik data kita kuadratkan lalu kita cari penyimpangan kuadrat individu rata-ratanya. Nilai yang dihasilkan tersebut disebut varian.
  4. Simpangan baku adalah akar kuadrat dari nilai varian tersebut.

Fungsi Simpangan Baku

Simpangan baku pada umumnya biasa dipakai oleh para ahli statistik atau orang yang terjun dalam dunia statistik untuk mengetahui apakah sampel data yang diambil mewakili seluruh populasi. Dalam mencari data yang tepat untuk sebuah populasi sangat sulit dilakukan. Oleh karena itu, untuk mempermudah mencarinya maka dipilih sampel data yang mewakili seluruh populasi. Dari perhitungan tersebut dapat diketahui nilai yang mewakili seluruh populasi.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Gurubelajarku.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Materi Sejarah: Deklarasi Djuanda

Kamis, 30 Juni 2022 | 16:15 WIB

Contoh Soal Biologi Bab Animalia Kelas 10

Selasa, 28 Juni 2022 | 19:22 WIB

Gerak Higroskopis dan 5 Contoh pada Tumbuhan

Selasa, 28 Juni 2022 | 16:17 WIB

Jenis-Jenis Penyerbukan pada Berbagai Tanaman

Selasa, 28 Juni 2022 | 13:59 WIB

3 Jenis Tuas dalam Pesawat Sederhana

Senin, 27 Juni 2022 | 23:32 WIB

4 Prinsip Kerja Pesawat Sederhana

Senin, 27 Juni 2022 | 21:12 WIB
X