Mengenal Istilah Globalisasi: Pengertian Menurut Para Ahli dan Ciri-cirinya

- Rabu, 18 Mei 2022 | 21:33 WIB
Ilustrasi dari globalisasi  (Adinda Nawangwulan)
Ilustrasi dari globalisasi (Adinda Nawangwulan)

Globalisasi adalah sebuah proses internasionalisasi atau proses mendunia dimana proses ini meliputi segala macam bidang didalamnya  yang berupa informasi, gaya hidup, teknologi, hingga pemikitan.

Globalisasi dipengaruhi oleh berbagai perkembangan yang terjadi di masyarakat suatu negara maupun di dunia internasional.

Kata ‘Globalisasi’ sendiri diartikan dalam bahasa inggris ‘Globalization’ yang memiliki arti mendunia yang merujuk pada suatu proses tertentu. Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pengertian globalisasi adalah sebuah proses masuknya ke ruang lingkup dunia, yang dimana secara harfiah globalisasi merupakan sebuah proses sesuatu yang mendunia meliputi beberapa aspek seperti gaya hidup, informasi, pemikiran, dan teknologi.

Namun, secara lebih lanjut pengertian Globalisasi diartikan berbeda-beda menurut para ahlinya seperti berikut ini:

Baca Juga: Mengenal 4 Macam Gaya Aliran Seni Lukis: Pengertian, Ciri-ciri, dan Tokoh Penting

  1. Schotle

Globalisasi menurut Schotle diartikan sebagai berkembangnya hubungan internasional. Dalam artian, setiap negara tetap mempertahankan identitas masing-masing namun semakin menjadi bekergantungan satu dengan yang lainnya.

  1. Selo Soemardjan

Globaliasi diartikan sebagai proses terbentuknya sistem komunikasi dan organisasi di antara masyarakat yang berada di seluruh dunia. Dalam prosesnya, Selo Seomadjan mengatakan jika Globalisasi mengikuti sistem dan kaidah-kaidah yang sama, meskipun berbeda.

  1. Achmad Suparman

Menuru Achmad Suparman, Globaliasasi merupakan suatu proses yang menjadikan suatu benda atau perilaku seseorang sebagai sebuah ciri. Ciri yang dimaksudkan adalah ciri dari setiap individu yang ada di dunia tanpa dibatasi oleh suatu wilayah tertentu.

  1. Thomas L. Friedman

Globalisasimenurut Thomas L. Friedman diartikan sebagai dimensi ideologi dan teknologi, dimana dimensi teknologi yang dimaksud adalah kapitalisme dan pasar bebas, sedangkan dimensi teknologi adalah teknoloi informasi yang menyatukan dunia.

Halaman:

Editor: Adinda Nawangwulan

Sumber: Liputan 6

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Materi Sejarah: Deklarasi Djuanda

Kamis, 30 Juni 2022 | 16:15 WIB

Contoh Soal Biologi Bab Animalia Kelas 10

Selasa, 28 Juni 2022 | 19:22 WIB

Gerak Higroskopis dan 5 Contoh pada Tumbuhan

Selasa, 28 Juni 2022 | 16:17 WIB

Jenis-Jenis Penyerbukan pada Berbagai Tanaman

Selasa, 28 Juni 2022 | 13:59 WIB

3 Jenis Tuas dalam Pesawat Sederhana

Senin, 27 Juni 2022 | 23:32 WIB

4 Prinsip Kerja Pesawat Sederhana

Senin, 27 Juni 2022 | 21:12 WIB
X