Mengenal Istilah Globalisasi: Pengertian Menurut Para Ahli dan Ciri-cirinya

- Rabu, 18 Mei 2022 | 21:33 WIB
Ilustrasi dari globalisasi  (Adinda Nawangwulan)
Ilustrasi dari globalisasi (Adinda Nawangwulan)

Globalisasi adalah sebuah proses internasionalisasi atau proses mendunia dimana proses ini meliputi segala macam bidang didalamnya  yang berupa informasi, gaya hidup, teknologi, hingga pemikitan.

Globalisasi dipengaruhi oleh berbagai perkembangan yang terjadi di masyarakat suatu negara maupun di dunia internasional.

Kata ‘Globalisasi’ sendiri diartikan dalam bahasa inggris ‘Globalization’ yang memiliki arti mendunia yang merujuk pada suatu proses tertentu. Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pengertian globalisasi adalah sebuah proses masuknya ke ruang lingkup dunia, yang dimana secara harfiah globalisasi merupakan sebuah proses sesuatu yang mendunia meliputi beberapa aspek seperti gaya hidup, informasi, pemikiran, dan teknologi.

Namun, secara lebih lanjut pengertian Globalisasi diartikan berbeda-beda menurut para ahlinya seperti berikut ini:

Baca Juga: Mengenal 4 Macam Gaya Aliran Seni Lukis: Pengertian, Ciri-ciri, dan Tokoh Penting

  1. Schotle

Globalisasi menurut Schotle diartikan sebagai berkembangnya hubungan internasional. Dalam artian, setiap negara tetap mempertahankan identitas masing-masing namun semakin menjadi bekergantungan satu dengan yang lainnya.

  1. Selo Soemardjan

Globaliasi diartikan sebagai proses terbentuknya sistem komunikasi dan organisasi di antara masyarakat yang berada di seluruh dunia. Dalam prosesnya, Selo Seomadjan mengatakan jika Globalisasi mengikuti sistem dan kaidah-kaidah yang sama, meskipun berbeda.

  1. Achmad Suparman

Menuru Achmad Suparman, Globaliasasi merupakan suatu proses yang menjadikan suatu benda atau perilaku seseorang sebagai sebuah ciri. Ciri yang dimaksudkan adalah ciri dari setiap individu yang ada di dunia tanpa dibatasi oleh suatu wilayah tertentu.

  1. Thomas L. Friedman

Globalisasimenurut Thomas L. Friedman diartikan sebagai dimensi ideologi dan teknologi, dimana dimensi teknologi yang dimaksud adalah kapitalisme dan pasar bebas, sedangkan dimensi teknologi adalah teknoloi informasi yang menyatukan dunia.

  1. Anthony Giddens

Anthony Giddens memberikan pengertian lebih lanjut mengenai globalisasi sebagai sebuah inensifikasi atau percepatan dalam hubungan sosial di seluruh dunia atau secara mendunia yang mengaitkan kejadian di lokasi satu dengan yang lain serta menyebabkan timbulnya perubahan pada keduanya.

  1. Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan

Beliau menjelaskan jika globalisasi adalah suatu proses yang mencakup penyebab, kasus, dan konsekuensi dari integrasi transnasional dan transkultural dari aktifitas manusia maupun non manusia.

Baca Juga: 4 Tanda Globalisasi yang Terjadi di Tengah Masyarakat

Berbagai macam pengertian dari globalisasi itu sendiri menyatikan persamaan dimana terjadinya sebuah proses tertentu antara satu dan lain hal yang dimana hal itu bisa masuk dalam hal mendunia. Adapun ciri-ciri globalisasi sebagai berikut :

  1. Perubahan kemajuan perkembangan dan teknologi

Perubahan kemjuan dan perkembangan teknologi ini terjadi dalam segala aspek dimana globalisasi juga bisa ditandai dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mampu mengubah dunia secara mendasar seperti kemajuan teknologi yang terjadi saat ini.

Halaman:

Editor: Adinda Nawangwulan

Sumber: Liputan 6

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X