Organel Sel: Pengertian, Macam-Macam dan Fungsi Lengkapnya

- Kamis, 19 Mei 2022 | 14:35 WIB
Ilustrasi Jaringan Sel/unsplash
Ilustrasi Jaringan Sel/unsplash

HARIAN HALUAN - Tubuh kita terdiri dari banyak sel. Di dalam sel terdapat banyak organ tempat berlangsungnya aktivitas sel. Organ-organ ini memiliki bentuk yang berbeda dan tentu memiliki fungsi yang berbeda.

Organel adalah struktur yang memiliki satu atau lebih pekerjaan dalam sel. Sel memiliki organel-organel, dan setiap organel memiliki fungsi tertentu.

Fungsi organel tumbuhan dan hewan berbeda. Untuk mengetahuinya, berikut adalah jenis-jenis organel sel pada tumbuhan dan pada hewan.

Nukleus

Apa yang dimaksud dengan nukleus? Nukleus merupakan inti sel yang berfunsi mengatur kegiatan sel seperti pertumbuhan dan metabolisme sel. Bagian nukleus biasanya bulat dari sebagian besar sel yang tertutup dalam membran ganda, mengontrol aktivitas sel, dan berisi kromosom. Bagian tengah atom yang terdiri dari hampir semua massa atom dan terdiri dari proton dan neutron.

Lisosom

Apa yang dimaksud dengan lisosom? Lisosom adalah organel tertutup membran yang mengandung berbagai enzim yang mampu memecah semua jenis polimer biologis-protein, asam nukleat, karbohidrat, dan lipid. Lisosom berperan dalam pencernaan intrasel, seperti sel darah putih. Lisosom membantu menghancurkan sel-sel yang terluka atau mati atau yang disebut autofagi. Ini terjadi ketika kita masih dalam tahap embrio. Selaput antara jari tangan dan kaki hilang karena autofagi.

Sentrosom

Sentrosom adalah struktur seluler yang terlibat dalam proses pembelahan sel. Sebelum pembelahan sel, sentrosom berduplikasi dan kemudian, saat pembelahan dimulai, kedua sentrosom bergerak ke ujung sel yang berlawanan. Sentrosom hanya ada pada hewan. Berbentuk bulat kecil dan terletak di dekat nukleus. Organel ini berfungsi selama pembelahan sel.

Halaman:

Editor: Rafi Darwis

Sumber: Akupintar.id

Tags

Terkini

Pengertian, Unsur dan Fungsi Sejarah

Rabu, 22 Juni 2022 | 11:25 WIB

Unsur, Rumus dan Contoh Soal Lingkaran

Rabu, 22 Juni 2022 | 10:37 WIB

Apa Hukum Kekekalan Massa Dan Siapa Penemunya?

Rabu, 22 Juni 2022 | 03:14 WIB
X