Apa itu Sel? Definisi, Karakteristik, Struktur dan Fungsinya

- Kamis, 19 Mei 2022 | 16:30 WIB
Apa itu Sel Definisi, Karakteristik, Struktur dan Fungsinya
Apa itu Sel Definisi, Karakteristik, Struktur dan Fungsinya

HARIAN HALUAN - Definisi Sel adalah unit fundamental di dalam bagian kehidupan. Jadi, jika kita memecah organisme ke tingkat sel, komponen terkecil yang akan kita temukan adalah sel.

Mari kita pelajari mengenai sel untuk mengetahui apa itu sel, definisi sel, struktur sel, jenis dan fungsi sel. Artikel ini akan membahas konsep yang terkait dengan sel.

Definisi Sel

Sel adalah unit struktural dan dasar kehidupan. Ilmu yang mempelajari sel dari struktur dasarnya hingga fungsi setiap organel sel disebut biologi sel. Robert Hooke adalah ahli biologi pertama yang menemukan sel.

Setiap sel mengandung cairan yang disebut sitoplasma, yang dikelilingi oleh membran. Hal ini juga hadir dalam sitoplasma beberapa biomolekul seperti protein, asam nukleat dan lipid. Selanjutnya, struktur seluler yang disebut organel tersuspensi dalam sitoplasma.

Sel adalah tingkat organisasi terendah dalam segala bentuk kehidupan. Tergantung pada organisme, jumlah sel dapat bervariasi. Manusia memiliki lebih banyak sel daripada bakteri.

Baca Juga: Organel Sel: Pengertian, Macam-Macam dan Fungsi Lengkapnya

Orang yang Menemukan Sel

Robert Hooke menemukan sel ini pada tahun 1665. Robert Hooke melihat gabus di bawah mikroskop majemuk dan melihat struktur yang sangat kecil yang mengingatkannya pada sebuah ruangan kecil.

Halaman:

Editor: Rafi Darwis

Sumber: byjus.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengertian, Unsur dan Fungsi Sejarah

Rabu, 22 Juni 2022 | 11:25 WIB

Unsur, Rumus dan Contoh Soal Lingkaran

Rabu, 22 Juni 2022 | 10:37 WIB

Apa Hukum Kekekalan Massa Dan Siapa Penemunya?

Rabu, 22 Juni 2022 | 03:14 WIB
X