Materi Kelas 6 SD, Teks Eksplanasi: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh

- Kamis, 19 Mei 2022 | 20:49 WIB
Teks Eksplanasi
Teks Eksplanasi

Sering kali kita mendapatkan sebuah teks bacaan yang berbagai macam bentuknya, salah satunya teks yang memberikan informasi tersendiri untuk para pembacanya. Teks tersebut biasanya dikenal sebagai Teks Eksplanasi. 

Berikut dibawah ini penjelasan secara singkat tentang teks eksplansi meliputi pengertian, fungsi, ciri-ciri dan contohnya.

Pengertian

Teks eksplanasi adalah sebuah teks yang memberikan informasi tertenu mengenai sebuah proses dan sebab akibat dari fenomena yang terjadi. Misalnya mengenai fenomena alam, sosial, atau budaya. Biasanya peristiwa yang disebutkan dalam sebuah teks eksplanasi adalah peristiwa yang terjadi di sekitar kita.

Teks eksplanasi bisa juga menyangkut peristiwa atau kejadian yang terjadi bukan hanya diamati dan dirasakan, melainkan peristiwa yang bisa digunakan sebagai sebuah pembelajaran.

Baca Juga: Kenali Bagian-Bagian Teks Pidato dalam Bahasa Indonesia

Fungsi

Fungsi dari teks eksplanasi ini adalah bisa memberikan pengetahuan kepada pembacanya mengenai informasi yang disampaikan. Sehingga dalam pembuatannya, teks eksplanasi akan meliputi beberapa struktur seperti : Pernyataan umum, deretan penjelas, dan interprestasi.

Dalam pengembangannya, teks ekplanasi akan dibagi menjadi dua pola

Halaman:

Editor: Adinda Nawangwulan

Sumber: Ruang Guru

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengertian, Unsur dan Fungsi Sejarah

Rabu, 22 Juni 2022 | 11:25 WIB

Unsur, Rumus dan Contoh Soal Lingkaran

Rabu, 22 Juni 2022 | 10:37 WIB

Apa Hukum Kekekalan Massa Dan Siapa Penemunya?

Rabu, 22 Juni 2022 | 03:14 WIB
X