Pengertian Konjungsi Temporal, Jenis, Fungsi Beserta Contoh Penggunaannya

- Kamis, 19 Mei 2022 | 21:07 WIB
Konjungsi Temporal
Konjungsi Temporal

HARIAN HALUAN - Pengertian dari Konjungsi biasa disebut kata penghubung. Kata atau kelompok kata yang menghubungkan dua atau lebih kata, klausa, frasa, atau kalimat disebut konjungsi. 

Salah satu bagian dari konjungsi yang sering digunakan adalah konjungsi temporal. Secara harfiah, konjungsi temporal digunakan untuk menghubungkan atau menghubungkan satu pernyataan dengan pernyataan lain dengan transisi tertentu dan memiliki hubungan dengan waktu.

Penggunaan konjungsi di sini adalah untuk menjadi penghubung antara dua kalimat yang berurutan yang hubungan dalam istilah eksternal, sebagai contoh salah satu urutan dalam waktu: yang satu dan berikutnya ke yang lain.

Hubungan konjungsi temporal ini diekspresikan dalam bentuknya yang sederhana. Perhatikan contoh berikut di bawah ini:

"(Alice) mulai dengan mengambil kunci emas kecil, dan membuka kunci pintu yang menuju ke dalam taman. Kemudian dia mulai bekerja menggigit jamur… sampai tingginya sekitar satu kaki: lalu dia berjalan menyusuri lorong kecil: dan akhirnya dia menemukan dirinya di taman yang indah."

Konjungsi temporal tidak hanya masuk ke dalam istilah lalu atau kemudian, tetapi juga disertai dengan ungkapan lain seperti berikutnya, setelah itu, setelah itu, selanjutnya, berikut, sekaligus, kemudian, di mana, sekarang, semua. kali ini dan sejumlah
bentuk lainnya.

Berikut di bawah ini contohnya:

"Tapi itu pasti sering terjadi," kata Alice sambil berpikir. “Itu selalu terjadi,” kata Kambing. Setelah ini, Alice terdiam selama satu atau dua menit, merenung ...dia mendengar jeritan kecil dan jatuh, dan pecahan kaca pecah, dari mana dia menyimpulkan bahwa mungkin saja itu jatuh ke bingkai mentimun, atau semacamnya. Berikutnya terdengar suara marah Kelinci “Pat! Menepuk! Kamu ada di mana?" Dan kemudian sebuah suara
yang belum pernah dia dengar sebelumnya,…

Hubungan konjungsi temporal dapat dibuat lebih spesifik dengan adanya komponen tambahan dalam arti, serta urutan waktu.

Halaman:

Editor: Rafi Darwis

Tags

Terkini

Pengertian, Unsur dan Fungsi Sejarah

Rabu, 22 Juni 2022 | 11:25 WIB

Unsur, Rumus dan Contoh Soal Lingkaran

Rabu, 22 Juni 2022 | 10:37 WIB

Apa Hukum Kekekalan Massa Dan Siapa Penemunya?

Rabu, 22 Juni 2022 | 03:14 WIB
X