Inflasi: Pengertian, Penyebab, Jenis, Rumus dan Cara Menghindari

- Sabtu, 21 Mei 2022 | 00:49 WIB
Inflasi (foto : Business Insider)
Inflasi (foto : Business Insider)

HARIAN HALUAN - Inflasi adalah tingkat dimana nilai mata uang jatuh dan akibatnya harga barang dan jasa meningkat atau lebih mahal dari sebelumnya.

Secara umum inflasi dibagi menjadi tiga jenis yaitu inflasi tarikan permintaan, inflasi dari sisi penawaran dan inflasi dari sisi permintaan dan penawaran.

Inflasi juga bisa dilihat secara positif atau negatif tergantung sudut pandang individu dan tingkat perubahan yang dialaminya.

Salah satu sisi positif dari inflasi adalah orang yang berinvestasi pada properti atau saham tertentu ini akan menaikan nilai aset mereka.

Penyebab Terjadinya Inflasi

Inflasi disebabkan meningkatnya jumlah uang yang beredar di masyarakat, ini dapat terjadi karena kebijakan moneter dengan mencetak dan memberikan lebih banyak uang ke masyarakat dan akhirnya mendevaluasi (mengurangi nilai) dari uang itu sendiri. Dengan meningkatnya uang yang beredar di masyarakat uang akan kehilangan daya belinya.

Macam-macam Inflasi

  • Inflasi Tarikan Permintaan

Inflasi tarikan permintaan terjadi ketika peningkatan jumlah uang dan kredit sehingga secara keseluruhan meningkatnya permintaan barang dan jasa dalam dan tidak diiringi dengan kapasitas produksi barang dan jasa sehingga menyebabkan kenaikan harga.

Dengan banyaknya uang yang beredar dimasyarakat akhirnya mengarahkan pada pengeluaran yang lebih tinggi. Ini menciptakan kesenjangan antara permintaan yang lebih tinggi dengan tingkat produksi rendah yang menghasilkan harga yang lebih tinggi.

Halaman:

Editor: Rafi Darwis

Tags

Terkini

Pengertian, Unsur dan Fungsi Sejarah

Rabu, 22 Juni 2022 | 11:25 WIB

Unsur, Rumus dan Contoh Soal Lingkaran

Rabu, 22 Juni 2022 | 10:37 WIB

Apa Hukum Kekekalan Massa Dan Siapa Penemunya?

Rabu, 22 Juni 2022 | 03:14 WIB
X