Bronkiolus: Definisi, Anatomi, Struktur dan Fungsinya Pada Pernapasan Manusia

- Minggu, 22 Mei 2022 | 15:44 WIB
Bronkiolus (foto : britannica)
Bronkiolus (foto : britannica)

HARIAN HALUAN - Kali ini kita akan membahas materi Biologi mengenai Bronkiolus pada pernapasan manusia yaitu apa itu pengertian Bronkiolus, anatomi, ciri, letak dan struktur dari Bronkiolus.

Bronkiolus ini merupakan salah satu saluran pernapasan untuk bernapas di belakang trakea tenggorokan (batang tenggorokan) yang berfungsi sebagai jalan masuknya udara dari hidung kemudian diarahkan ke paru-paru.

Bronkiolus adalah cabang dari bronkus, saluran udara utama paru-paru. Saat Anda bernapas, udara yang Anda hirup melewati bronkus ke paru-paru. Namun, agar udara ini menyebar merata ke jaringan paru-paru, diperlukan saluran yang lebih kecil yaitu Bronkiolus.

Udara yang masuk ke bronkiolus akan dilanjutkan ke Alveolus. Alveolus adalah kantung udara yang memproses udara. Di organ ini, udara kotor atau karbon dioksida yang tersisa dari pernapasan ditukar dengan oksigen bersih yang baru saja dihirup.

Luas dari ruang bronkiolus adalah penentu seberapa banyak oksigen yang dapat diikat paru-paru secara efisien. Area cabang pada bronkiolus berkisar 20-25x dari Bronkus Tersier.

Definisi Bronkiolus

Bronkiolus adalah saluran udara di dalam paru-paru yang bercabang seperti dahan pohon dari bronkus, dua saluran udara utama tempat udara mengalir dari trakea (tenggorokan) setelah dihirup melalui hidung atau mulut.

Bronkiolus memberikan udara ke kantung kecil yang disebut alveoli yang merupakan tempat pertukaran oksigen dan karbondioksida. Mereka rentan terhadap kondisi seperti asma, bronkiolitis , cystic fibrosis , dan emfisema yang dapat menyebabkan penyempitan dan/atau penyumbatan saluran udara.

Anatomi Bronkiolus

Halaman:

Editor: Rafi Darwis

Tags

Terkini

Pengertian, Unsur dan Fungsi Sejarah

Rabu, 22 Juni 2022 | 11:25 WIB

Unsur, Rumus dan Contoh Soal Lingkaran

Rabu, 22 Juni 2022 | 10:37 WIB

Apa Hukum Kekekalan Massa Dan Siapa Penemunya?

Rabu, 22 Juni 2022 | 03:14 WIB
X