Mengenal Trakea: Definisi, Anatomi, Fungsi, Letak dan Penyakit yang Ditimbulkan

- Senin, 23 Mei 2022 | 23:59 WIB
Trakea (foto : yt/AnimatedBiomedical)
Trakea (foto : yt/AnimatedBiomedical)

HARIAN HALUAN - Trakea merupakan batang tenggorokan , tabung elastis sepanjang 4-12 sentimeter yang menghubungkan laring ke paru-paru dan bronkus. Terletak pada pernapasan">saluran pernapasan bagian bawah (bersama dengan laring dan paru-paru). Sehingga udara yang dihirup dihangatkan dan dilembabkan di trakea sebelum memasuki paru-paru.

Untuk lebih mengenal apa itu trakea, yuk simak ulasan lengkap apa yang perlu diketahui tentang trakea.

Apa tu trakea?

Trakea adalah istilah medis untuk tenggorokan – sebuah tabung elastis dengan lebar sekitar 12 milimeter yang menghubungkan ke rongga hidung dan laring di bagian atas dan ke paru-paru di bagian bawah.

Panjangnya sekitar 10-12 sentimeter dan di bagian depan diikat oleh 16 hingga 20 tulang rawan untuk stabilitas. Jaringan ikat dengan banyak serat elastis terletak di antara dan di atas tulang rawan tulang rawan, menciptakan tegangan melintang dan memanjang.

Dengan ini memastikan bahwa trakea tetap terbuka dan tidak kolaps. Sehingga suplai udara vital ke paru -paru selalu terjamin. Sisi posterior trakea terdiri dari dinding fibrosa-otot.

Baca Juga: Bronkiolus: Definisi, Anatomi, Struktur dan Fungsinya Pada Pernapasan Manusia

Apa fungsi trakea?

  • Melembabkan Saluran Pernapasan

Trakea merupakan hubungan elastis antara pernapasan">saluran pernapasan bagian atas dan bawah. Udara pertama kali dihirup, dipanaskan dan dilembabkan melalui pernapasan">saluran pernapasan bagian atas - hidung , mulut dan faring.

Halaman:

Editor: Rafi Darwis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengertian, Unsur dan Fungsi Sejarah

Rabu, 22 Juni 2022 | 11:25 WIB

Unsur, Rumus dan Contoh Soal Lingkaran

Rabu, 22 Juni 2022 | 10:37 WIB

Apa Hukum Kekekalan Massa Dan Siapa Penemunya?

Rabu, 22 Juni 2022 | 03:14 WIB
X