Memahami Sistem Golongan Darah Manusia ABO dan Rhesus

- Selasa, 24 Mei 2022 | 00:28 WIB
Sistem Golongan Darah Manusia (foto: educreations)
Sistem Golongan Darah Manusia (foto: educreations)

HARIAN HALUAN - Kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai sistem golongan darah manusia. Tentu setiap kita semua memiliki darah "sendiri", yang berbeda dari darah orang lain dalam sifat-sifat tertentu. Banyak sistem golongan darah yang berbeda, yang paling dikenal adalah sistem ABO dan Rhesus.

Penemuan Golongan Darah

Darah dapat dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan berbagai karakteristik. Sekitar 30 sistem golongan darah yang dikenal saat ini. Sistem golongan darah yang paling terkenal adalah sistem ABO dan Rhesus.

Dokter dari Austria Karl Landsteiner menemukan sistem golongan darah AB0 pada awal abad ke-20. Pada tahun 1937, bersama dengan Alexander Salomon Wiener dari Amerika, ia juga menemukan sistem Rhesus.

-

gambar : sumber.belajar.kemdikbud.go.id

Sistem Golongan Darah AB0

Semua sel darah merah (eritrosit) dikelilingi oleh selubung. Pada cangkang ini terdapat struktur karakteristik (antigen) yang membedakan sel darah merah seseorang dengan sel darah merah lainnya.

Dalam sistem golongan darah ABO, antigen pada selubung sel darah merah dibagi menjadi empat kelompok: A, B, AB dan 0 mewakili empat golongan darah.

Halaman:

Editor: Rafi Darwis

Tags

Terkini

Pengertian, Unsur dan Fungsi Sejarah

Rabu, 22 Juni 2022 | 11:25 WIB

Unsur, Rumus dan Contoh Soal Lingkaran

Rabu, 22 Juni 2022 | 10:37 WIB

Apa Hukum Kekekalan Massa Dan Siapa Penemunya?

Rabu, 22 Juni 2022 | 03:14 WIB
X