Mengenal Fungsi Kornea Mata, Lapisan dan Resiko Penyakit

- Selasa, 24 Mei 2022 | 01:02 WIB
Kornea Mata (foto : kemdikbud.go.id)
Kornea Mata (foto : kemdikbud.go.id)

HARIAN HALUAN - Kornea (mata) adalah bagian transparan, sebening kristal, dan tembus cahaya dari penutup bola mata di depan pupil. Dibasahi oleh cairan air mata dan menyumbang dua pertiga dari kekuatan penghilatan.

Kornea adalah bagian depan yang transparan dari kulit luar mata. Sejauh ini bagian terbesar dari kulit mata ini adalah dermis (sklera), yang dapat dilihat sebagai bagian putih mata .

Kornea adalah tonjolan datar di bagian depan bola mata. Seperti jendela, itu memungkinkan cahaya masuk ke mata. Karena kelengkungan alaminya, ia memproses bersama dengan lensa mata dari pembiasan cahaya mata.

Karena kornea memantulkan sebagian cahaya yang mengenainya seperti cermin cembung, jika manusia meninggal, kornea berbentuk keruh,kusam dan buram.

Nama kornea (mata) berasal dari fakta bahwa kornea keras seperti zat tanduk, tetapi sangat tipis sehingga kita dapat melihatnya: kornea hanya setebal setengah milimeter di bagian tengah dan sekitar satu milimeter di bagian tepinya. Bagian mata di belakangnya, seperti irisan (kulit).

Kornea mata dilalui oleh serabut saraf tetapi tidak mengandung pembuluh darah. Humor aquos di bagian dalam kornea dan jaringan lengkung perifer sekitar pembuluh darah memasok kornea dengan semua nutrisi penting.

Kornea terus-menerus dijaga agar tidak membengkak oleh aqueous humor (di dalam) dan cairan air mata (di luar), yang keduanya memiliki kandungan garam yang tinggi - memiliki kandungan air hanya 76 persen.

Lapisan Kornea (mata)

Kornea (mata) terdiri dari lima lapisan. Dari luar ke dalam, ini adalah:

Halaman:

Editor: Rafi Darwis

Tags

Terkini

Pengertian, Unsur dan Fungsi Sejarah

Rabu, 22 Juni 2022 | 11:25 WIB

Unsur, Rumus dan Contoh Soal Lingkaran

Rabu, 22 Juni 2022 | 10:37 WIB

Apa Hukum Kekekalan Massa Dan Siapa Penemunya?

Rabu, 22 Juni 2022 | 03:14 WIB
X