Pengertian Momen Inersia, Rumus dan Contoh Penerapannya

- Selasa, 24 Mei 2022 | 15:40 WIB
Contoh Momen Inersia (foto:thefactfactor)
Contoh Momen Inersia (foto:thefactfactor)


Jika kita pernah mengaduk air didalam gelas dan ketika berhenti mengaduk tetapi air didalam gelas masih berputar? Hal itu salah satu contoh dari momen inersia atau kelembaman gerak.

Momen inersia juga dikenal sebagai massa sudut atau inersia rotasi dapat didefinisikan dengan sumbu rotasi, sebagai besaran yang menentukan jumlah torsi yang diperlukan untuk percepatan sudut yang diinginkan atau sifat benda yang menahan percepatan sudut.

Rumus untuk momen inersia adalah "jumlah massa" setiap partikel dengan "kuadrat jaraknya dari sumbu rotasi".

Rumus Momen Inersia dinyatakan sebagai I = Σ miri2.

Apa itu Momen Inersia

Momen inersia suatu benda adalah pengukuran yang ditentukan untuk benda tegak yang berputar di sekitar sumbu tetap. Sumbu mungkin internal atau eksternal, dan dapat diperbaiki atau tidak. Namun, momen inersia (I) selalu dijelaskan dalam kaitannya dengan sumbu itu.

Momen Inersia tergantung pada distribusi massa di sekitar sumbu rotasinya. Massa sudut atau inersia rotasi adalah nama lain untuk momen inersia. Satuan SI untuk momen inersia adalah kg m2.

Definisi Momen Inersia

Jadi kita telah mempelajari bahwa inersia pada dasarnya adalah massa. Dalam gerak rotasi, benda berputar pada sumbu tetap. Setiap benda yang bergerak dalam lingkaran dengan kecepatan linier, yaitu, setiap benda itu bergerak dengan percepatan sudut.

Momen inersia adalah sifat benda yang menahan percepatan sudut, yang merupakan jumlah massa setiap partikel dalam benda dengan kuadrat jaraknya dari sumbu rotasi.

Halaman:

Editor: Rafi Darwis

Tags

Terkini

Pengertian, Unsur dan Fungsi Sejarah

Rabu, 22 Juni 2022 | 11:25 WIB

Unsur, Rumus dan Contoh Soal Lingkaran

Rabu, 22 Juni 2022 | 10:37 WIB

Apa Hukum Kekekalan Massa Dan Siapa Penemunya?

Rabu, 22 Juni 2022 | 03:14 WIB
X