9 Fungsi Utama Cairan Empedu pada Tubuh Manusia yang Harus Diketahui

- Selasa, 24 Mei 2022 | 16:19 WIB
Empedu  (foto: verywellhealt)
Empedu (foto: verywellhealt)

Empedu adalah cairan pencernaan yang dibuat oleh hati dan disimpan di kantong empedu. Ini membantu dalam pencernaan, penyerapan, ekskresi, metabolisme hormon dan fungsi lainnya.

Cairan empedu adalah cairan pencernaan yang diproduksi oleh hati. Itu disimpan dan terkonsentrasi di kantong empedu. Fungsi utamanya adalah mengubah lemak dalam makanan menjadi asam lemak, yang diserap di usus. Di bawah ini adalah fungsi penting dari empedu.

1. Pencernaan

Empedu sangat penting untuk pencernaan lemak sampai batas tertentu, protein dan karbohidrat. Hal ini disebabkan oleh adanya garam empedu, yang bekerja dengan cara berikut:

Saat mencerna lemak, empedu bertindak sebagai zat pengemulsi untuk memecah gumpalan lemak besar menjadi tetesan emulsi yang lebih kecil. Lemak emulsi menyediakan area yang lebih besar untuk enzim pencernaan lemak (lipase) memproses lebih cepat.

Empedu bertindak sebagai pelarut yang baik. Karena sifat ini, ia berfungsi sebagai media yang baik untuk interaksi lemak dan enzim pemecah lemak.

2. Penyerapan

Empedu membantu dalam penyerapan berbagai zat. Ini juga karena adanya garam empedu. Hal-hal berikut diserap dengan bantuan empedu:

Empedu sangat penting untuk penyerapan lemak, zat besi, kalsium dan vitamin. Garam empedu membantu dalam penyerapan vitamin larut lemak A, D, E dan K dan provitamin, beta karoten.

Halaman:

Editor: Rafi Darwis

Tags

Terkini

Pengertian, Unsur dan Fungsi Sejarah

Rabu, 22 Juni 2022 | 11:25 WIB

Unsur, Rumus dan Contoh Soal Lingkaran

Rabu, 22 Juni 2022 | 10:37 WIB

Apa Hukum Kekekalan Massa Dan Siapa Penemunya?

Rabu, 22 Juni 2022 | 03:14 WIB
X