Pengertian dan Cara Penulisan Angka Arab

- Rabu, 25 Mei 2022 | 18:59 WIB
Angka Arab (Ruswanti)
Angka Arab (Ruswanti)

Dalam bahasa Arab, bilangan atau angka disebut dengan ‘adad. Sedangkan, angka yang dibilang disebut sebagai ma’dud. Angka dalam bahasa Arab terbagi menjadi dua, yaitu bilangan pokok dan tingkat. Bilangan pokok adalah angka yang menunjukkan jumlah, misalnya: satu, dua, tiga, dan seterusnya. Sedangkan, bilangan tingkat adalah angka yang menunjukkan urutan, contohnya: pertama, kedua, ketiga. Namun, tahukahkamu tahu bahwa angka Arab ada dua jenis?

Jadi, angka Arab yang biasa tertulis dalam Al-Quran merupakan angka Arab yang berasal dari Hindu Arab atau Arab Timur. Angka tersebut terdiri dari 10 simbol, yaitu ٠.١.٢.٣.٤.٥.٦.٧.٨.٩. Angka ini banyak digunakan oleh orang Arab di Timur Tengah.

Nah, untuk lebih jelasnya, simak penjelasan tentang asal usul dari angka Arab Barat maupun Timur.

Asal Usul Angka Arab

Angka Arab barat adalah keturunan dari angka Arab timur, sedangkan angka Arab timur sendiri diadopsi dari angka India dan sistem angka Hindu-Arab yang dikembangkan oleh matematikawan India, yang membaca urutan angka seperti "975" sebagai satu bilangan yang utuh. Angka India kemudian diadopsi oleh matematikawan Persia di India, dan diteruskan lebih lanjut kepada orang-orang Arab di sebelah barat yang kemudian dikenal dengan sebutan angka Arab timur, karena dipakai oleh orang-orang Arab bagian timur seperti Arab Saudi, Iraq, dan Levant. Bentuk angka-angka Arab timur kemudian mengalami perubahan saat mereka diteruskan ke wilayah Afrika Utara, melalui orang Arab di Afrika Utara tersebut akhirnya dikenal oleh orang-orang Eropa. Akhirnya mencapai bentuk Eropanya (bentuk yang sekarang) pada saat mencapai Afrika Utara, dari sana penggunaan mereka menyebar ke Eropa pada Abad Pertengahan. Dikarenakan sistem angka ini dikenalkan kepada bangsa Eropa oleh orang-orang Arab, maka dalarn istilah bahasa Inggris, angka ini dikenal dengan istilah angka Arab (Arabic numeral), yaitu 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9.

Baca Juga: Pengertian dan Cara Penulisan Angka Romawi

Penggunaan Angka Arab

Angka arab tersebar ke seluruh dunia melalui perdagangan, buku, dan kolonialisme Eropa. Saat ini, Angka Arab adalah simbol representasi angka yang paling umum digunakan di dunia. Di sisi lain, orang-orang Arab menyebut sistem tersebut dengan nama "Angka Hindu" yang mengacu pada asal mereka di India. Namun, angka ini tidak boleh dirancukan dengan "Angka Hindu" yang dipergunakan orang-orang Arab di Timur Tengah (٠.١.٢.٣.٤.٥.٦.٧.٨.٩), yang disebut dengan nama lain Angka Arab Timur; atau dengan angka-angka lain yang saat ini dipergunakan di India (misalnya angka Dewanagari: ०.१.२.३.४.५.६.७.८.९). Sistem desimal Angka Hindu-Arab ditemukan di India sekitar 500 Masehi. Sistem ini revolusioner dalam hal ia memiliki angka nol dan notasi posisional. Hal tersebut dianggap sebagai tonggak penting dalam pengembangan matematika. Seseorang dapat membedakan antara sistem posisi ini, yang identik seluruh keluarga angka Hindu-Arab, dan bentuk penulisan (glyph) tertentu yang digunakan untuk menulis angka, yang bervariasi secara regional. Glyph yang paling umum yang digunakan bersama-sama dengan Abjad Latin sejak Abad Modern Awal adalah 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9. Bahasa Arab Angka 1 sampai 20 Dalam bahasa Arab, berikut angka 1 sampai 20.

  1. ١ = waahidun / وَاحِدٌ
  2. ٢ = itsnaani / اِثْنَانِ
  3. ٣= tsalaatsatun / ثَلَاثَةٌ
  4. ٤ = arba’atun / أَرْبَعَةٌ
  5. ٥ = khamsatun / خَمْسَةٌ
  6. ٦ = sittatun / سِتَّةٌ
  7. ٧ = sab’atun / سَبْعَةٌ
  8. ٨ = tsamaaniyatun / ثَمَانِيَةٌ
  9. ٩ = tis’atun / تِسْعَةٌ
  10. ١٠= ‘asyratun / عَشْرَةٌ
  11. ١١= ahada ‘asyara / أَحَدَ عَشَرَ
  12. ١٢= itsnaa ‘asyara / اِثْنَا عَشَرَ
  13. ١٣= tsalaatsata ‘asyara / ثَلَاثَةَ عَشَرَ
  14. ١٤= ‘arba’ata ‘asyara / أَرْبَعَةَ عَشَرَ
  15. ١٥= khamsata ‘asyara / خَمْسَةَ عَشَرَ
  16. ١٦= sittata ‘asyara / سِتَّةَ عَشَرَ
  17. ١٧= sab’ata ‘asyara / سَبْعَةَ عَشَرَ
  18. ١٨= tsamaaniyata ‘asyara / ثَمَانِيَةَ عَشَرَ
  19. ١٩= tis’ata ‘asyara / تِسْعَةَ عَشَرَ
  20. ٢٠= ‘isyruuna / عِشْرُوْنَ

Baca Juga: Angka dalam Bahasa Jepang Lengkap dengan Kanji

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Wikipedia, Kumparan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengenal Berbagai Macam Bidang Manajemen

Senin, 4 Juli 2022 | 20:04 WIB

Materi Sejarah: Deklarasi Djuanda

Kamis, 30 Juni 2022 | 16:15 WIB

Contoh Soal Biologi Bab Animalia Kelas 10

Selasa, 28 Juni 2022 | 19:22 WIB

Gerak Higroskopis dan 5 Contoh pada Tumbuhan

Selasa, 28 Juni 2022 | 16:17 WIB

Jenis-Jenis Penyerbukan pada Berbagai Tanaman

Selasa, 28 Juni 2022 | 13:59 WIB
X