Hidrosfer: Pengertian, Fungsi, Komponen dan Dampak Bagi Manusia

- Sabtu, 28 Mei 2022 | 01:44 WIB
Pengertian Hidrosfer dan Fungsi Penting Bagi Manusia (foto: depositphotos)
Pengertian Hidrosfer dan Fungsi Penting Bagi Manusia (foto: depositphotos)

HARIAN HALUAN - Secara singkat, Hidrosfer merupakan lapisan air yang ada di permukaan bumi. Pernahkah Anda berpikir tentang berapa banyak air yang dimiliki bumi kita? Menurut penelitian, bumi ditutupi dengan sekitar 71% air. Anda dapat menemukannya di lautan, danau, sungai, dan sungai.

Selain itu, juga disimpan sebagai air tanah. Demikian pula, beberapa jumlah air terperangkap dalam es, dan bahkan juga ada air di atmosfer sebagai uap air. Dengan kata lain, semua air yang ada di planet kita disebut Hidrosfer.

Jadi, pada dasarnya adalah komponen air di Bumi. Ini didefinisikan sebagai jumlah total air di sebuah planet. Ini termasuk air di permukaan planet, di bawah tanah, dan di udara. Selanjutnya, bagian bumi ini dapat berupa cairan, uap, dan es.

Pengertian Hidrosfer

Ini adalah komponen bumi yang terdiri dari semua air cair yang kita temukan di planet ini. Ini terdiri dari tempat penyimpanan air seperti lautan, laut, danau, kolam, sungai serta sungai.

Dengan kata lain, hidrosfer cukup besar karena lautan hanya menutupi sekitar 71% dari luas permukaan bumi. Pergerakan hidrosfer dan pertukaran air antara hidrosfer dan kriosfer adalah dasar dari siklus hidrologi.

Selanjutnya, gerakan konstan dan pertukaran air membantu dalam membentuk arus yang memindahkan air hangat dari daerah tropis ke kutub dan membantu dalam mengatur suhu bumi. Jadi, Anda melihat bahwa pertukaran air adalah bagian penting dari hidrosfer.

Yang paling penting, hidrosfer terutama terdiri dari air. Selain itu, ada juga beberapa bahan lain atau tambahan yang terdiri dari mineral terlarut, gas dan partikulat. Hal itu disebut juga sebagai polusi, selain itu isinya penting bagi kesehatan ekosistem.

Misalnya, terlalu banyak sedimen berbahaya bagi ekosistem sekitarnya, sedangkan tingkat oksigen yang larut dan yang tidak tercukupi dalam air mengakibatkan kondisi hipoksia yang dapat menimbulkan ancaman bagi ekosistem.

Halaman:

Editor: Rafi Darwis

Tags

Terkini

Materi Sejarah: Deklarasi Djuanda

Kamis, 30 Juni 2022 | 16:15 WIB

Contoh Soal Biologi Bab Animalia Kelas 10

Selasa, 28 Juni 2022 | 19:22 WIB

Gerak Higroskopis dan 5 Contoh pada Tumbuhan

Selasa, 28 Juni 2022 | 16:17 WIB

Jenis-Jenis Penyerbukan pada Berbagai Tanaman

Selasa, 28 Juni 2022 | 13:59 WIB

3 Jenis Tuas dalam Pesawat Sederhana

Senin, 27 Juni 2022 | 23:32 WIB

4 Prinsip Kerja Pesawat Sederhana

Senin, 27 Juni 2022 | 21:12 WIB
X